Sarana dan Prasarana BBI Direhab

PAGARALAM, HR – Sarana dan Prasarana di Balai Benih Ikan (BBI) Kota Pagaralam terletak di Dusun Tanjung Payang, Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pagaralam Selatan, akan dilakukan rehab. Perehaban ini melalui suntikan DAK sebesar Rp 2,154 miliar.
“Untuk perbaikan (rehab, red) sarana yang ada di BBI tidak melalui APBD Kota Pagaralam, namun melalui bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK), meliputi sejumlah kolam yang saat ini sebagian belum difungsikan, karena rusak,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kota Pagaralam, Sukman SE MM, melalui Kabid Perikanan, Sarjanawi kepada wartawan, belum lama ini.
Perehaban BBI ini disebutkan Sarjanawi, terdiri dari 12 kegiatan fisik, meliputi rehab kolam yang ada di BBI, seperti kolam pemijahan, pendederan, pembesaran kolam induk, bak beton, pembenihan lele. Juga pembangunan jalan kompleks di sekitar kolam BBI, pengadaan listrik, pembangunan talut (tembok penahan), rehab pagar, termasuk pembuangan jaringan air rumah dinas.
“Sekitar 4 paket kegiatan dengan nilai diatas sekitar Rp.400 juta, dilakukan lelang dalam waktu dekat, sisanya penunjukan,” ujar Sarjanawi seraya menambahkan, persiapan di lapangan sudah dilakukan, tinggal menungu proses lelang, dilanjutkan dengan titik nol dalam waktu dekat.
Kondisi terkini sejumlah kolam yang ada di BBI, diakui Sarjanawi sebagian rusak tak difungsikan. Bahkan ada yang belum ditembok sama sekali. Sementara, pembinaan kepada sejumlah Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang ada di Kota Pagaralam tahun ini tak ada bantuan sama sekali. Baik itu bantuan benih atau indukan yang diharapkan para pembudidayaan bibit ikan. ■ jauhari gunawan

Tinggalkan Balasan