Rutan Cipinang Juara 3 Pelayanan Kesehatan Lingkungan

oleh -203 views
Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar
JAKARTA, HR – Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) Kementerian Kesehatan RI meberikan piagam penghargaan dan piala kepada Kepala Rutan Kelas I, Cipinang, Jakarta Timur, Asep Sutandar, (14/9/2015).
Kepala Rutan Cipinang menerima juara 3 kategori pengelolaan jasa boga sehat kemeterian Hukum dan HAM RI dalam rangka hari Kesehatan se-Dunia 2015.
Kategori penerimaan piagam dan pengharagaan itu diberikan berdasar survei terkait pengelolaan kelengkapan gizi menu harian warga binaan, kebersihan lingkungan dan penemuan sejumlah penyakit yang diidap sejumlah warga binaan, yang mendapatkan pelayanan kesehatan hingga dapat kesembuhkan, selama di Rutan.
“Pembinaan secara jasmani itu kita lakukan dengan memberikan olahraga yang cukup setiap hari dan menu makanan yang standar serta memeriksakan kesehatan ke klinik. Itu kita lakukan setiap hari,” ujar Asep Sutandar kepada HR, kemarin.
Ketika ditanya terkait maraknya peredaran gelap narkoba di Rutan atau Lapas, sejenak dia terdiam, kemudian menganggukkan kepalanya dan berkata, persoalan maraknya narkoba yang disebutkan tidaklah sesungguhnya benar semuanya. Sebab, razia secara rutin dilakukan baik itu yang dilakukan petugas Rutan dan dengan razia gabungan bersama BNN dan razia gabungan dari Kanwil tetap berjalan. Uapaya itu kita lakukan untuk memperkecil ruang gerak para pelaku. Kita mengaku bahwa pemberantasan narkoba secara tuntas sepertinya sesuatu hal yang mustahil.
Ketika ditanya tentang realisasi MoU (Memorandum of Understanding) Menteri Hukum dan HAM dengan Panglima TNI yang membuat kesepakatan akan memperbantukan anggota TNI dalam pengamanan Rutan dan Lapas, dalam rangka memerangi narkoba masuk ke Rutan, belum bisa dipastikan, tapi mungkin tidak akan lama lagi. Baru baru ini tim dari TNI sudah survei dan mereka mengaku bahwa personel yang akan diturunkan sesuai dengan MoU.
Sementara, Humas Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta Sardi mengatakan, bahwa MoU akan segera direalisasikan, tetapi kepastiaannya kapan itu ada di Ditjen (Direktorat Jenderal) Pemasyarakatan. ■ thom

Tinggalkan Balasan