Rukyatul Hilal Ketiga di Bali, Langit Kembali Berawan

oleh -73 views

BADUNG, HR – Menyambut bulan Dzulhijjah 1440H/ 2019, Kementerian Agama Kantor Wilayah Bali kembali menggelar Rukyatul Jilal di Pantai Patra, Tuban, Kuta, Kab. Badung (01/08/2019) Rukyatul hilal ketiga dalam tahun ini kembali tidak diikuti dengan sidang isbath dikarenakan hilal tertutup awan.

“Rukyatul hilal kali ini merupakan kegiatan ke tiga pada tahun 2019 setelah sebelumnya kita melaksanakan kegiatan serupa untuk menentukan tanggal 1 Syawal dan 1 Ramadhan 1440 H/2019. Dan seperti sebelumnya, kali ini hilal kembali tertutup awan.” Terang Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Any Hani’ah.

Posisi hilal tertutup awan pada dasarnya telah diprediksi oleh BMKG Wilayah III Denpasar melalui fraksi iluminasi yang diperoleh dari data pusat.

“Fraksi iluminasi atau luas piringan bulan yang menerima sinar matahari yang tampak dari bumi hanya 0,11% yang artinya hilal kemungkinan tidak dapat terlihat dari Bali.” Ungkap Perwakilan BMKG Wilayah III Denpasar, Rudy Darsono.

Kendati demikian, Rudy turut menjelaskan bahwa hilal yang diperkirakan akan berada diatas garis sebanyak 2 derajat, secara teoritis seharusnya dapat terlihat dengan jelas jikalau tidak tertutup awan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Pengadilan Agama Kota Denpasar, Ali Imron. Ia menyampaikan bahwa meski tidak terlihat, rukyatul hilal kali ini diniatkan untuk beribadah dan memenuhi kewajiban.

Loading...

“Berdasarkan perbincangan kami bersama teman-teman Kemenag Kanwil Bali dan BMKG Wilayah III Denpasar terkait dengan kebiasaan hilal di Bali yang tertutup awan, mari kita niatkan pertemuan kali ini untuk ibadah dan pasrah pada hasilnya.” Tutup Ali. gina

Tinggalkan Balasan