Rp 917 juta Dana Desa Kadu Direalisasikan

oleh -66 views
TANGERANG, HR – Pemerintah Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, pada tahun 2015 mendapatkan dana desa senilai lebih kurang Rp 917 juta. Karena itu, desa setempat pun harus merealisasikan semua anggaran tersebut sesuai rencana dan aturan.
Kepala
Desa HM Atan, Wk Ketua BPD Jeni, Bendahara Syamsudin 
dan perealisasian anggaran
di Desa Kadu.
Berdasarkan info, sebagian dana desa telah diterima pemerintahan desa Kadu. Perincian untuk keseluruhan dana yang direalisasikan dari pusat Rp 312 juta. Sedangkan dari daerah alokasi dana desa Rp 147 juta, bagi hasil pajak Rp 438 juta dan bagi hasil retribusi senilai Rp 19 juta.
Kepala Desa Kadu, HM Atan didampingi Bendahara Syamsudin dan Wk Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Jeni, di ruang kerjanya, mengungkapkan, telah menerima sebagian dana desa.
Seluruh dana yang diterima direalisasikan untuk kegiatan fisik seperti insfrastruktur, sarana kantor, serta biaya-biaya non fisik berupa biaya operasional personil kantor dan pengadaan kursus untuk warga.
“Kami memaksimalkan realisasi anggaran desa yang diterima dengan melakukan sesuai rencana dan aturan. Sampai saat ini kami sudah menerima kucuran dana desa sebanyak 2 tahap, yakni dua kali mencaikan dana masing-masing sekitar Rp 367 juta. Ini merupakan bagian 80 persen jumlah anggaran bernilai kurang lebih Rp 917 juta,” ungkap HM Atan.
Saat ditanya kegiatan pembangunan fisik, Kades yang telah dua kali menjabat ini menjelaskan, pada tahap satu telah melaksanakan pembangunan jalan paving di RT 04/06 Kampung Sempur sepanjang 112 x 12 meter, di RT 01/07 Kampung Cijengir 125 x 2 meter dan di RT 01/03 Kampung Pasirrandu 70 x 2 meter.
Lebih jauh, dikatakan, Pemerintah Desa Kadu juga telah memberikan biaya operasional untuk sejumlah personil BPD serta Ketua RT dan RW. Selain itu, mengagendakan dan merealisasikan dana untuk pemberdayaan masyarakat dalam bentuk kursus servis komputer khusus untuk beberapa remaja putus sekolah.
Sedang untuk tahap dua, tambah HM Atan, pihaknya membangun drainase di RT 04/01 dengan memakai yudit letter U berukuran 40×40 cm sepanjang 75 meter.
“Kami juga merealisikan dana desa untuk pembelian Alat Pelengkap Kantor seperti penggantian meubel sofa untuk di ruangan 2 unit dan pembelian kursi tunggu 5 bangku 3 unit. Selain itu, membeli 3 unit komputer, 1 unit laptop, 3 unit printer, 7 unit kursi-meja, 3 unit meja komputer,” papar HM Atan.
Senada HM Atan, Wk Ketua Desa Kadu, Jeni, yang merupakan perwakilan masyarakat desa Kadu mengharapkan agar jumlah nilai anggaran ditingkatkan demi percepatan pembangunan desa.
“Alasannya, karena pesatnya kemajuan desa, terlebih menyangkut besarnya potensi dan laju perekonomian di desa Kadu yang berada di wilayah perkotaan,” ungkap Jeni.
Sementara itu, Bendahara Desa Kadu, Syamsudin, saat diminta tanggapannya seputar pengucuran dana desa mengucapkan terimakasih pada pemerintah yang sangat memperhatikan desa. Namun dirinya juga meminta dimudahkan dalam pengadministrasian laporan anggaran desa. titing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *