Rehabilitasi Bendung di Tirtanegara Rampung Tepat Waktu

oleh -25 views
Rehabilitasi Bendung di Tirtanegara Rampung Tepat Waktu.

MAJALENGKA, HR – Bendung Tirtanegara merupakan bangunan utama dan memiliki bobot yang tinggi dalam mempengaruhi nilai kinerja sistem irigasi yang berpengaruh terhadap sektor ketahanan pangan.

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan air ke semua jaringan irigasi lahan pertanian seluas 649 hektare ini, bendung yang berada di Kelurahan Cijati, Kecamatan Majalengka itu kini telah selesai direhabilitasi.

“Program rehabilitasi Bendung Tirtanegara tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp. 3,5 miliar bersumber dari APBD/DAU Kab. Majalengka tahun 2021,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka, Agus Tamim melalui Kabid Sumber Daya Air, Nono Suryono, Jumat (1/10/2021).

Nono menyebutkan, pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh pihak ketiga yaitu PT. Winaya Industri Nusantara dan pengerjaannya pun telah selesai sesuai kontrak.

Nono pun menjelaskan, pelaksanaan rehabilitasi itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya abrasi yang diakibatkan terjangan arus deras di bagian tepi bendungan.

Selain itu juga, lanjut dia, untuk mengatasi bocoran-bocoran yang mengakibatkan menurunnya debit air ke saluran-saluran irigasi dalam memenuhi kebutuhan masa tanam, terlebih di masa kemarau.

Menanggapi hasil pembangunan  yang direalisasi pemerintah tersebut, Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Kelurahan Cijati, Momod Ahmad merasa bersyukur.

Diakuinya, ketika sebelum adanya perbaikan terhadap Bendung Tirtanegara, air mengalir tidak maksimal dikarenakan terdapat banyaknya bagian dinding bangunan yang bocor sehingga pasokan air tidak memenuhi target.

Loading...

“Dulu sewaktu belum mengalami perbaikan, kalau di sini misalnya ketinggian air cuma ada 15 cm, itu gak bakalan bisa sampai ke wilayah Desa Panyingkiran. Tapi sekarang alhamdulillah, setelah Bendung Tirtanegara direhab, pasokan air ke wilayah Desa Panyingkiran hingga Sinarjati kini pun dapat terpenuhi,” ungkapnya. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.