REHAB IRIGASI PAWELUTAN DIKERJAKAN ASAL JADI

oleh -318 views
BANDUNG, HR – Rehabilitasi jaringan irigasi SS, Pawelutan CS di Kabupaten Subang, dikerjakan serampangan dan asal jadi. Rehabilitasi jaringan irigasi SS, Pawelutan CS di Kabupaten Subang adalah satu dari sekian paket proyek fisik Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) Bandung. Paket proyek rehab jaringan irigasi SS, merupakan paket fisik proyek anggaran tahun 2014, berupa perbaikan rehabilitasi jaringan irigasi, normalisasi sungai maupun pekerjaan TPT/pembangunan situ-situ saluran sekunder (SS), drainase irigasi di wilayah kabupaten se-Propinsi Jawa Barat.
Paket pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi SS, Pawelutan CS Kab. Subang, dilaksanakan oleh PT. Tirta Wijaya Karya yang sumber pendanaannya berasal dari pinjaman lunak tahun anggaran 2013 sampai dengan 2015 sebesar Rp30.299.990.000. Adapun pelaksanaan proyek dengan No. SPMK: 18/SPMK/PPK.IRG.II/SNVT.PJPAC/2013 itu berkisar 545 hari kalender kerja. 
Paket pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi SS, terdiri dari uraian pekerjaan persiapan kistdam dan pengeringan, pekerjaan bangunan galian tanah biasa dengan tenaga orang, timbunan tanah kembali diratakan dan dirapihkan, pasangan batu camp 1 Pc : 4 pasir, plesteran camp 1 Pc : 3 pasir, siaran 1 Pc : 2 pasir. Sedangkan untuk pekerjaan saluran penggalian tanah biasa dengan alat berat dan tenaga orang, timbunan tanah kembali dan dirapihkan, pasangan batu camp 1 PC : 4 pasir, plesteran camp 1 Pc : 3 pasir, siaran camp 1 Pc : 2 pasir serta kerucuk dolkam diameter 7 cm – 10 cm.
Hasil pantauan HR dilapangan (20/2), pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi SS, Pawelutan CS, ternyata masih dalam pekerjaan baru 85% dikerjakan oleh pemborong, hasil pekerjaan terkesan kurang optimal. Di beberapa titik bagian atas (cup) turap sudah retak-retak, susunan batu muka yang sepertinya menggunakan batu kali tampak menonjol, longsor tanpa estetika, timbunan tanah hasil pengerukan yang diangkat dari lokasi setempat belum dipadatkan dan dirapihkan.
Lokasi pekerjaan pasang turap yang terletak dibeberapa tempat, kurang lebih sepanjang 800 meter disisi kiri dan kanan asal ada timbunan tanah yang diangkat dari jaringan irigasi, Cuma hanya ditumpukkan begitu saja. Pekerjaan susunan batu turap yang bentuknya cekung tampak dengan jelas.
Kurang profesionalnya pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi SS, Pawelutan CS, tidak terlepas dari lemahnya pengawasan dari Direksi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jaringan irigasi dan rawa BBBWS Citarum dan niat baik maupun profesionalisme kontraktor PT. Tirta Wijaya Karya proyek atas proyek bernilai puluhan miliar itu.
Dari hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan, sepertinya kurang mengacu pada Rencana Anggaran Biaya (RAB), Bestek, Etika dan Estetika pekerjaan.
Terkait kurang optimalnya pekerjaan rehabilitasi jaringan SS, Pawelutan CS, semestinya pejabat BBWS Citarum, PPK, Kepala Satuan Kerja (Satker) dan pengawas diminta untuk melakukan cross check ke lapangan sebelum menerima hasil pekerjaan dari kontraktor. ■ dedi s

Tinggalkan Balasan