Pukul Delapan Sudah Ada Sidang PNBB jadi Lautan Prestasi

Gedung Pengadilan Negeri Bale Bandung
BANDUNG, HR – Baru satu bulan menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Bale Bandung (PNBB), Suhartanto SH MH sudah langsung membuat gebrakan. Keinginannya untuk membuat PN Bale Bandung menjadi lautan prestasi sebagaimana dia utarakan saat memberi kata sambutan ketika melantik Wakil Ketua (2/9) lalu sepertinya akan segera terealisasi. Jika sebelum-sebelumnya persidangan di PN Bale Bandung baru dimulai sejak pukul sepuluh atau pukul sebelas, kini mulai dipercepat.
Pantauan HR pada hari Rabu, (30/9) lalu di PNBB pada pukul 08.00 Wib pagi sudah ada hakim yang menggelar sidang. Para hakim pun sudah ada di ruang kerja masing-masing. Humas PN Bale Bandung, Ratmoho SH MH yang dikonfirmasi pagi hari tersebut membenarkan adanya peningkatan pelayanan dengan menggelar sidang lebih awal atau lebih cepat. Selain itu, PN Bale Bandung juga akan menggelar sidang setiap hari Jumat yang sebelumnya tidak ada sidang selain sidang tilang. Selain karena banyak berkas perkara yang menumpuk, PN Bale Bandung akan meningkatkan pelayanan.
Pengamatan HR di PN Bale Bandung pada hari- hari sebelumnya, bahwa menunggu pelaksanaan sidang bisa berjam-jam dari pagi sampai sore, penunda-nundaan sidang menjadi hal yang biasa dilakukan dengan berbagai alasan. Satu perkara bisa mengalami penundaan sidang hingga belasan kali. Penyelesaian satu perkara pidana bisa memakan waktu antara 8 bulan sampai setahun sehingga diduga sangat bertentangan dengan Undang-Undang No 4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman Pasal 4 ayat (2) yang berbunyi: Peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat dan biaya ringan.
Selain membuat prestasi, pihak PN Bale Bandung juga sedang giat-giatnya melakukan penghijauan dengan menanam pohon dan memperindah gedung pengadilan dengan melakukan pengecatan. Semoga hakim, Panitra dan seluruh pegawai PN Bale Bandung dapat mengikuti irama kerja sang Ketua untuk membuat PN Bale Bandung menjadi lautan prestasi. ■ pem

Tinggalkan Balasan