Proyek Sterilisasi Jalur Kerata Api Jabotabek Terbengkalai

oleh -232 views
JAKARTA, HR – Proyek Sterilisasi Jalur Kereta Api di Jabotabek hingga saat ini masih dalam proses pengerjaan, padahal masa tahun anggaran 2015 telah lewat.
Pekerjaan sterilisasi jalur kereta api lintas Manggarai-Bogor terbengkalai.
Dari hasil survey lapangan di beberapa titik, pekerjaan sterilisasi jalur Kereta Api tersebut masih berantakan yang entah sampai kapan selesainya. Seperti contoh yang terjadi di Lintas Manggarai – Bogor, hingga kini masih dalam proses pengerjaan.
Keterlambatan ini disinyalir akibat adanya tarik-menarik kepentingan pada saat proses pelelangan, sehingga berdampak pada molornya jadwal pelelangan dan pelaksanaan pekerjaan. Demikian dikatakan Gintar Hasugian, Ketua Umum Lembaga Pemantau Aparatur Negara (LAPAN), di kantornya.
Dari pengamatan dan analisa LSM LAPAN, bahwa sejak tahapan proses pelelangan banyak hal ditemukan kejanggalan-kejanggalan yang dapat menjurus pada upaya monopoli/persekongkolan. Dan atas permasalahan ini, sebenarnya sudah dipertanyakan kepada Dirjen Perkeretaapian melalui surat LSM LAPAN, namun hingga kini belum ada respon dari pihak terkait.
Beberapa waktu lalu pihaknya juga dikejutkan dengan sikap ksatria Dirjen Perhubungan darat yang mengundurkan diri karena kemacetan. Kami berharap, Dirjen Perkeretaapian juga agar mengevaluasi diri terkait molornya beberapa kegiatan di direktorat tersebut. Bila perlu, menggandeng pihak BPKP untuk dilakukan evaluasi secara mendalam guna mengkaji sebab molornya penyelesaian pekerjaan tersebut.
“Jalur Lintas Bogor-Manggarai hanya contoh kecil dari bagian permasalahan yang ada di direktorat tersebut,” tambah Gintar menjelaskan.
Maka dalam kesempatan ini, kami berharap agar Dirjen Perkeretaapian bersama Inspektur Jenderal Kemenhub turun ke lapangan untuk melakukan monitoring langsung, dan sekaligus untuk mengetahui apakah pihak pelaksana proyek dilapangan sudah dikenakan sanksi sesuai aturan atas keterlambatan tersebut. tim

Tinggalkan Balasan