Provinsi Jatim Bentuk Forum Sinergitas Pelestarian dan Pengembangbiakan Ikan Lokal

oleh -85 views
HM Gunawan Saleh saat melakukan penandatangan komitmen bersama perwakilan peserta forum.

Surabaya, HR Pada tanggal 24 Oktober 2019 di Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar telah dibentuk Forum Sinergitas Pelestarian dan Pengembangbiakan Ikan Lokal Jawa Timur.

Pembentukan Forum yang diinisiasi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Ir H M Gunawan Saleh MM ini merupakan tonggak dan harapan baru dalam upaya pelestarian sumber daya ikan lokal di perairan Jawa Timur dari ancaman kepunahan.

Pembentukan Forum Sinergitas tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis, Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, Pokmaswas Fajar Bengawan Kabupaten Blitar, Kelompok Usaha Bersama Kabupaten Kediri, Kelompok Pembudidaya Ikan Kabupaten Pasuruan, Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Lumajang, Wild Water Indonesia Region Malang, Komunitas Lestari (Peduli Lingkungan) Kabupaten Pasuruan, Pengelola Sumber Mata Air Krabyakan Kabupaten Malang, serta Pengelola Sumber Pakel Kabupaten Lumajang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Ir HM Gunawan Saleh MM selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya,  menyampaikan tujuan pembentukan forum ini adalah  untuk mensinergikan sekaligus mengkolaborasikan peran Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dengan Kabupaten/Kota di Jawa Timur, serta melibatkan masyarakat secara langsung dalam mengatasi persoalan kepunahan ikan lokal sekaligus peningkatan stok ikan lokal di Jawa Timur.

“Dalam hal ini, saya melihat dengan berkumpulnya para pemerhati lingkungan dan sumber daya ikan khususnya ikan lokal di Jawa Timur, antara lain Pokmaswas, Pokdakan, Pokdarwis, WWI, Komunitas Pemerhati Konservasi Sumber Daya Ikan, dan pengambil kebijakan (Dinas Kelautan Perikanan Provinsi dan Kabupaten) sebagai pertanda baik bagi terjalinnya komunikasi, saling tukar menukar informasi, baik secara teknis maupun ilmiah, antar pemangku kepentingan untuk merumuskan strategi pelestarian dan pengembangbiakan ikan lokal Jawa Timur,” ujar HM Gunawan Saleh.

Pada kegiatan ini, juga dilakukan penandatangan Komitmen Bersama perwakilan peserta forum dalam mendukung kegiatan pembentukan. “Forum Sinergitas Pelestarian dan Pengembangbiakan Ikan Lokal Jawa Timur“.

Son Hadi, Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas Fajar Bengawan Kabupaten Blitar, mengharapkan, dengan terbentuknya Forum Sinergitas Pelestarian dan Pengembangbiakan Ikan Lokal Jatim, kedepan dapat menyebar ke seluruh provinsi Jawa Timur, sehingga upaya melestarikan ikan lokal Jawa Timur dapat segera terwujud.

Loading...

Semoga dengan terbentuknya Forum Sinergitas Pelestarian dan Pengembangbiakan Ikan Lokal Jawa Timur ini kita semua dapat mengembalikan kekayaan Sumber Hayati Perairan kita, sehingga ikan lokal akan dapat terus lestari dan  bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, tidak tergeser oleh keberadaan ikan-ikan introduksi ataupun invasive. Kelak ikan lokalpun akan menjadi sumber ekonomi yang penting bagi masyarakat perikanan Jawa Timur. ian

Tinggalkan Balasan