Provinsi Bengkulu Lakukan Pendataan Keluarga

oleh -437 views
BENGKULU, HR – Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) melaksanakan pendataan keluarga tahun 2015. Di sejumlah daerah kabupaten/kota telah dilakukan sejak awal April.
Sekretaris Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu Zainin kepada wartawan di kantornya mengatakan BKKN telah melaksanakan orientasi pendataan di sejumlah daerah sejak tanggal 4 hingga 25 April 2015. Daerah itu yakni, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Rejanglebong. Sementara kabupaten Bengkulu Selatan digelar orientasi pendataan bagi kader pada akhir April lalu.
Ia menambahkan, pendataan keluarga BKKBN akan dimulai 01-31 Mei 2015 yang melibatkan sebanyak 5.000 kader KB di tingkat desa/kelurahan, dan sebagai institusi masyarakat pedesaan yakni sub Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD), sedang tenaga PPKBD dalam pendataan itu hadir sebagai tenaga suvervisi yang memantau petugas pendata, ujarnya.
Menurut Zainin, pendataan keluarga itu untuk mendukung kebijakan pembangunan dimasa depan, pendataan keluarga dengan cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan pemanfaatan data demografi, data Keluarga Berencana, data keluarga sejahtera, dan data anggota keluarga. Data data yang dihasilkan, mencakup data keluarga berencana, keluarga sejahtera dan data anggota keluarga.
Semantara itu, Kepala Sub Bidang Data dan Informasi BKKBN Bengkulu Betriza menambahkan, guna mendapati data keluarga yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan, pihak BKKBN selaku lembaga yang mengemban amanat itu telah melaksanakan orientasi bagi tenaga kader di sejumlah daerah kabupaten/kota.
Dengan tersedianya data keluarga maka diharapkan pembangunan keluarga akan mewujudkan norma keluarga kecil bahagia sejahtera melalui peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Sehingga keluarga mampu melaksanakan fungsi keluarga secara optimal, ujarnya. ■ jlg

Tinggalkan Balasan