Prosesi Penerimaan Adat Gorontalo “Mopotilolo”

oleh -714 views

GORONTALO, HR – Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos Dandim 1304/Gorontalo beserta keLuarga, (23/31018), mendapat kehormatan penerimaan secara adat Tradisi kebudayaan Gorontalo yang diberikan kepada petinggi -petinggi atau pejabat yang akan memimpin, bekerja atau baru pertama kali datang dan menginjakkan kaki di Bumi Gorontalo.

Kegiatan ini sebagai bentuk syukur terhadap kepala daerah yang baru atau akan memimpin di wilayah Provinsi Gorontalo. Mopotilolo adalah upacara kebesaran dan kehormatan prosesi penyambutan ketika tamu kehormatan atau kepala daerah yang pertama kali berkunjung ke Provinsi Gorontalo. Dalam arti lugas, keberadaan Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos selaku Dandim 1304/Goronalo beserta keluarga sudah diterima dengan baik oleh warga Provinsi Gorontalo dan sudah diperbolehkan untuk melakukan lawatan dan kunjungan kerja di wilayah Provinsi Gorontalo.

Adapun prosesi adat Mopotilolo diawali dengan penyambutan di gerbang adat oleh sejumlah tokoh adat. Sambil diiringi oleh genderang adat dan lagu-lagu sanjungan, serta dikawal oleh pasukan adat. Dandim 1304/Gorontalo bersama Ibu berjalan dari rumah kediaman menuju ruang pelaksanaan mopotilolo di Rudis Dandim 1304/Gorontalo Kel. Biawao Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Kegiatan Penerimaan Adat Mopotilolo ini diselengarakan oleh Pemerintahan Kota Gorontalo dan dihadiri langsung oleh Dr. Ir. Ismail Madjid, M.tp (Sekda Kota Gorontalo) dalam hal ini menjabat sebagai Plt. Wali Kota Gorontalo.

Adapun Rangkaian kegiatan acara adat Mopotilolo dilanjutkan dengan sungguhan minuman dan kue adat Gorontalo serta ucapan selamat datang di Kota Gorontalo dari para pemangku adat Provinsi Gorontalo.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Sekda Kota Gorontalo Dr Ir Ismail Madjid, M.TP yang pada intinya yaitu Mopotilolo merupakan kegiatan penyambutan Dandim 1304/Gorontalo yang baru secara adat.

Motolillolo adalah penjemputan pejabat Daerah yang akan disambut dengan adat sebelum melaksakan tugas di Provinsi Gorontalo sebagai bentuk kehormatan.

“Atas nama Pemerintah Kota Gorontalo kami sampaikan selamat melaksakan tugas kepada Letkol Inf Allan Surya Lesmana, S.Sos Dandim 1304/Gorontalo di Provinsi Gorontalo,” ujar Sekda.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Tilolo yaitu Penerimaan Dandim 1304/Gorontalo oleh pemangku adat, sekaligus ucapan pesan dari perwakilan pemangku adat.

Loading...

“Kami pemangku adat Gorontalo, di sana-sini telah menyuguhkan adat penghormatan yang di sebut dengan Tilolo terhitung sejak hari ini sudah diterima masyarakat atau adat Gorontalo sebagai Dandim 1304/Gorontalo. Kami pemangku adat turunan leluhur, sumber segala sesuatu dan dihadiri penguasa negeri dari segala penjuru menyaksikan untuk memakmurkan negeri hindari kekerasan, rakyat akan cerai berai. Semoga bapak dan ibu memperoleh umur yang panjang, semoga subur tanaman di negeri ini,” ujar pemangku adat. rian

Tinggalkan Balasan