Positif Covid-19 di Simalungun Tambah 12 Orang

Ketua Gugus Tugas, JR Saragih saat kunjungan ke RSUD Perdagangan.

PEMATANGSIANTARAR, HR – Tugas Pemkab Simalungun kembali mengumukan penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 12 orang. Hasil positif tersebut berdasarkan pemeriksaan oleh Laboratorium Swab RSUD Perdagangan, dengan Test Cepat Molekuler (TCM).

Dengan penambahan ini, pasien yang saat ini dirawat dengan stastus positif Covid-19 menjadi 21 orang, dengan 16 orang yang sudah sembuh, sehingga total akumulasi positif Covid-19 sebanyak 38 orang. “Iya benar ada penambahan, kalau untuk yang meninggal sampai saat ini masih satu orang,” jelas Humas Gugus Tugas Akmal Siregar, Minggu (14/06/2020).

Akmal juga menjelaskan, 12 orang yang positif tersebut tersebar di empat kecamatan yang berbeda yakni, Kecamatan Bandal Huluan 9 orang, Kecamatan Tapian Dolok 1 orang, Kecamatan Girsip Sipanganbolon 1 orang dan Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi 1 orang. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun Lidya Saragih menjelaskan, banyaknya penambahan pasien positif adalah atas tindak lanjut pemerikaaan kesehatan di Bandar Huluan sejak pengumuman dua orang positif beberapa waktu lalu di daerah itu, “Ada kita temukan disitu 16 orang yang reaktif rapid test, dan 9 orang telah keluar hasil swabnya positif, untuk 7 orang lagi masih menunggu hasil,” ucap Lidya Saragih.

Loading...

Untuk penanganan, Akmal menjelaskan, 9 orang sudah dirawat di RSUD Perdagangan, satu orang dirawat di RS Darurat Covid-19 Batu 20, satu orang di RS Parapat dan satu orang lagi dirawat di RSU Murni Teguh. Akmal Siregar mengatakan, telah melakukan langkah antisipasi guna memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan mengedukasi warga tentang protokol kesehatan, di wilayah pasien yang terpapar. Untuk tindakan, Tim Gugus Tugas melalui Gugus Tugas Kecamatan telah melakukan penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan rapid test di sekitaran alamat rumah warga yang terpapar. jh

Tinggalkan Balasan