PKK Miliki Peran Strategis Pembangunan Desa

TANGERANG, HR – Peranan PKK di tingkat desa sangat strategis mensukseskan pembangunan di wilayahnya masing-masing. Terutama melalui 10 Pokok Program PKK yang wajib dilaksanakan.
Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa Mekar Jaya Nenk Siti Kholihah silaturahmi dengan para ketua pokja di kantor desa Mekar Jaya beberapa waktu lalu. “PKK memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga terutama di tingkat desa, karenanya 10 program pokok itu harus dilaksanakan secara baik,” ujarnya.
Menurutnya, kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. “Dengan demikian, kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolok ukur dan barometer dalam pembangunan,” ungkap ketua PKK desa Mekar Jaya Nenk Siti Kholihah.
Dikatakan, PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.
“Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif,” terang Nenk lagi.
Secara khusus, istri Kepala Desa Purwahidin ini juga meminta agar PKK di desa dapat menggalakkan Pendidikan Anak Usia Dini. Menurutnya, anak usia dini menentukan dalam pembentukan generasi yang berkualitas. ■ gun

Tinggalkan Balasan