Pilkadus Cibeber ‘Luberjurdil’ Sebagai Legitimasi Kadus

oleh -285 views
Calon Kepala Dusun
CIAMIS, HR – Semakin banyak warga Dusun Cibeber, Desa Awiluar Lumbung ikut memilih pemilih dalam pemilihan calon kepala dusun (kadus), artinya semakin kuat legitimasi Kadus Cibeber. Muncul calon tunggal Kepala Dusun (kadus) dan tetap dilaksanakan rapat pemungutan suara tanpa ditempuh jalur aklamasi, hal itu merupakan indikator positif bahwa warga diberikan kesempatan menyalurkan hak pilih secara luberjurdil (luas, umum, bebas, rahasia, jujur, adil)
Hal itu dikatakan Kades Awiluar, Budi Lukmansyah kepada HR saat pelaksanaan pilkadus Cibeber, Minggu (3/5/2015) di TPS saat rapat pemungutan suara. Ia menambahkan, rapat pemungutan suara bisa dijadikan dukungan warga kampung terhadap Kadus dan kinerjanaya sebagai perangkat desa.
Ketua Panitia Pilkadus, Miming Mujamil menjelaskan pilkadus tersebut muncul karena antusias warga Kampung Cibeber dengan semanagat demokrasidimana tahapan pilkadus telah ditempuh sebulan sebelumnay dari mulai sosialisasi, penjaringan calon, seleksi dan kajian persyaratan calon, hingga terjaring dan mendaftar hanya 1 calon.
”Kami panitia yang terdiri dari unsur BPD, tokoh masyarakat dan pemuda, tidak memaksakan kehendak model pemilihan namun atas keinginan mayorits warga kampung dan hasil musyawarah”, ujar Miming seraya berharap pelaksanaan dalam rangka menjaga tingkat kepercayaan masyarakat warga untuk menghasilkan peminpin kredibel & mendapat kepercayaan masyarakat kampung seluruhnya yang dibuktikan hasil posentase hak pilih yang menyalurkan pilihannya.
Sementara itu calon tunggal Kadus, Pemuda lajang, Agus Kurnia jebolan SMK tahun 2008 dengan kepeminpinanya didasari pengalaman aktif di organisasi kepemudaan motifasi pengabdian akan lebih membuat kampungnya lebih maju dengan proritas meningkatkan imtak, dan kegotong-royongan. ■ abraham/dm

Tinggalkan Balasan