Pesta Parolop Olopon Silaban Sejabodetabek Berjalan Sukses

oleh -252 views

JAKARTA, HR – Pesta Parolop Olopon (PPO) Borsak Junjungan Silaban Boru Bere – Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) yang berlangsung (Minggu -16 Oktober 2022) di Gedung Mulia Raja Jakarta Timur berjalan sukses.

Dengan tema “ Hendaklah Kamu Sehati Sepikir Dalam Satu Kasih, Satu Jiwa, Satu Tujuan (Filipi 2:2 TB), itu hampir dihadiri mencapai 4.000 orang baik dewasa maupun anak anak.

Padahal sesuai data panitia per 15 Oktober 2022, atau sebelum hari H, tercatat 2.723 dewasa dan 1.008 anak, hingga jumlah 3.731 orang yang menghadiri pesta parolop-olopon Silaban Boru Bere yang bermukim di Jakarta Raya.

Kehadiran Pomparan Silaban ini bisa dikatakan kunjungan yang luar biasa, bahkan diperkirakan diluar gedung hampir seperempat dari jumlah yang sudah menempati tempat duduk didalam gedung.

Antusias kehadiran pesta parolop olopon Silaban sampai diluar gedung yang berlalu halang atau hiruk pikuk dengan mencari tempat duduk, namun kemudian oleh panitia menambahkan kursi sekitar 700 buah setelah acara kebaktian, yang mana ditempatkan sebagian di lantai atas, namun juga masih tetap kurang tempat duduk hingga ada yang duduk/berdiri dipinggir luar gedung, taman dan kantin.

Menurut salah satu peserta yang hadir menyatakan, bahwa baru kali ini pesta parolop olopon luar biasa kehadiran. “Ini mungkin terlepas dari pendemi atau tidak, dimana dari tahun 2020, atau kurang lebih tiga tahun pendemi, ima dah godang nai jolma na hadir on (banyak kali orang yang hadir ini-red) dan ini mungkin karena lama tidak bertemu sejak melanda Covid,” kata Pak Frisca Silaban kepada HR.

Serta ditambahkan, pihaknya mengeluh soal tempat duduk saling berebutan, namun ini adalah suatu keindahan dan kebersamaan.

Hal lainnya soal makanan, memang kalau ada peseta tentu yang diutamakan adalah makanan. Saya lihat pembagian makanan dengan berbentuk nasi kotak ini cukup bagus. Ya, semua terorganisir. Panitia bekerja secara efektif tanpa terlewatkan, dan memang makanan anak anak saya dengar ada sebagian kecil kurang enak, namun oleh panitia dengan sigap dan cepat pengganti makanan anak.

Memang, soal ada pesta dimana pun itu, selalu ada yang kurang, tapi itu adalah hal yang biasa dan dapat dimaklumi.
Kemudian, acara lainnya juga penyerahan anak-anak yang berprestasi dari tingkat SD, SMP dan SMA, yakni dari SD sebanyak 83 orang, SMP sebanyak 33 orang dan SMA sebanyak 37 orang.

Lalu sipalasroha bagi orangtua diatas usia 70 tahun, yakni sebanyak 49 orang
Pelantikan Pengurus Baru. Pesta parolop olopon Borsak Junjungan Silaban Boru Bere Sejabodetabek yang digelar kemarin (16-1022), dimana diawal dengan kebaktian bersama yang dipimpin enam pendeta antara lain : Pdt C.O Rahadin Silaban, M.Th, Pdt Luat Silaban S.Th, Pdt Monang Silaban, Pdt Linda Br Silaban S,Th, Pdt. Ridwanto Silaban, S,Th dan Pdt Anam Prayer Manurung, M,Th dan para Sintua/Parhalado marga Silaban dan Boruna sebagai paragenda liturgis dan pengumpul persembahan.

Sesudah kebaktian bersama, dilanjutkan kata sambutan dan pertanggungjawaban kepengurusan yang lama periode 2018-2022 kepada penasehat, yang kemudian bersama penasehat dengan pengurus lama menyerahkan kepada pengurus periode 2022-2026.

Setelah acara nota pertanggungjawaban dari Ketua Umum 20218-2022 oleh St David Silaban/Br. Sinambela beserta Sekretaris Umum St Arifin Silaban/Br. Sirait dan Bendahara Umum, St E. Siahaan/Br. Silaban, dilanjutkan penyerahan bendera tongkat pataka yang diserahkan kepada pengurus baru diterima Ketua Umum (2022-2026), Togu Silaban/Br. Manurung.

Kemudian pengurus yang baru dilantik oleh penasehat terdiri 4 orang, yakni St Tumpak Ramli Silaban/Br Hutapea, St Bresman Silaban/Br Sinurat, Saur Silaban/Br Purba dan St David Silaban/Br Sinambela.

Acara pesta PPO ini dihadiri para artis ibukota dari kalangan marga Silaban, Boru, Bere dan dari Toga Marga Sihombing dengan menyembahkan lagu lagu pujian dan lagu batak, dan acara berikutnya manortor per wilayah, naposobulung/remaja, anak anak dan tortor Boru.

Diakhir acara, ketua panitia Alzafandi H Silaban berterimakasih kepada seluruh hadirin hingga acara pesta ini berjalan dengan baik dan khususnya kepada natua tua nami yang tidak bisa saya sebut satu persatu dengan mengucapkan terima kasih banyak.

“Dan bila ada kekurangan panitia dalam pelayanan pesta ini, maka kami seluruh panitia meminta mohon maaf sebesar-besarnya,” kata ketua panitia.

Ketua Umum 2022- 2026, Togu Silaban/Br.Manurung setelah dilantik dan mengirim ke Grup WA Borsak Junjungan Silaban dengan kalimat, : “Horas ma hita saluhutna Pomp. Punguan BJS marhita hita WA on, hami sian BPH mandok mauliate ma tu Tuhanta pardenggan basai, suang songon i tu hita saluhut na mangalean bantuan moril maupun materil di naung denggan mardalan ulaonta peseta parolop olopon BPJ Sejabodetabek.

Anggiat ma tua ni pesta i tabaon tu ingananta be gabe mangkhorhon berkat/hadameon di keluarga ta masing masing.
Molo tung pe adong angka na humurang di sikap nang dipambaenan marsianjuan ma hita na marhaha-anggi, suang songon tu pengurus lama rap ma hita lao membangun punguan on asa lam tu denggan na tu majuna, mauliate godang ma dihamu dipambaenan, tingki, nang di materi.

Sai dipasu Tuhan ma naniula ni tangan mu, siganjang umur, tongtong sehat, jala berbahagia dohot keluarga, jala songon hata ni natua tua ma mandok “ sahat sahat ni solu, sai sahat ma tu bottean , nunga sahat ulaonta mardalan dohot denggan jala diojakhon pengurus baru tu joloan on sude Pomp. ni Borsak Junjungan Silaban/Boru, dipasu Tuhan sahat ma tu panggabeasn jala horas-horas.

Loading...

Pengurus BPH Periode 2022 – 2026 :
DEWAN PENASEHAT
– St Tumpak Ramli Silaban/Br Hutapea
– St Bresman Silaban/Br Sinurat
– Saur Silaban/Br Purba
– St David Silaban/Br Sinambela

Badan Pengurus Harian PBJS Sejabodetabek
– Ketua Umum : Togu Silaban/Br Manurung
– Ketua I : Alzafandi Silaban/Br Simbolon
– Ketua II : Purdinan Silaban/Br Simorangkir
– Ketua III : Ranten Silaban/Br Sihotang
– Ketua IV : St HPM Silaban/Br Simanungkalit
– Ketua V : Richad Silaban/Br Sidauruk
– Sekretaris Umum : Dimpu M Silaban/Br Simamora (Pak Geyver)
– Sekretaris I : Sopar Silaban/Br Gultom
– Sekretaris II : Stepanus Silaban/Br Siregar
– Bendahara Umum : St.Ir OM Sihombing/Br Silaban
– Bendahara I : Rachmad Purba/Br. Silaban

BIDANG BIDANG

1. Bidang Adat
Koordinator dan para Anggota :

2. Bidang Diakonia/Sosial
– Koordinator : Pdt Luat Silaban/Br Panjaaitan
– Anggota : Pdt Tadeus Silaban/Br
– Anggota : St Jamot Silaban/Br Sembiring

3. Bidang Humas/Publikasi
– Koordinator : Pendi Silaban/Br Panggabean
– Anggota : Sampe Silaban /Br Sitompul
– Anggota : Kennedy Silaban/Br Simamora

4. Bidang Pendidikan dan Iptek
– Koordinator : Ir. Nelson Silaban/Br Lumbantoruan
– Anggota : Sofuan Silaban/Br Lumbanbatu

5. Bidang Hukum dan Organisasi
– Koordinator : Maruli Silaban/Br Lumbangaol
– Anggota : Pance Silaban SH/Br Sitorus

6. Bidang Perempuan dan Anak
– Koordinator : Ny. J Manurung
– Anggota : Semua para Ibu Ibu Ketua. pendi




Tinggalkan Balasan