Pesantren Sirnarasa Jadi Lautan Umat

oleh -622 views
Ribuan jemaah

CIAMIS, HR – Menjelang datangnya bulan suci ramadhan, puluhan ribu jemaah Ikhwan Tarekat Qodiryah Naqsabandiyah dari berbagai daerah di seluruh Indonesia berkunjung ke Pesantren Sirnarasa Kabupaten Ciamis.

Acara kunjungan ini akan berberlangsung selama tiga hari menjelang bulan suci ramadhan tiba. Kedatangan ribuan jemaah yang ingin bersilaturahmi dengan sesepuh pesantren dan juga dengan jema’ah yang lainnya. Para jemaah pun melakukan zikir dan tasawuf bersama sama.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah mubaligh ternama di Indonesia, salah satunya Manaqib Syech Abdul Qadir Jaelani, menjadi magnet tersendiri bagi ribuan ikhwan untuk mendengarkan tausyiah tentang silsilah dan karomah waliyullah syech abdul qadir jaelani.

Sementara itu KH Junjun menyampaikan bahwa Kementrian Pariwisata menumbuh kembangkan sektor wisata religi dengan tujuan bukan hanya mencari kebahagiaan lahiriyah/duniawi, tetapi bagaimana wisata religi ini mampu mengisi kerokhanian, mencari kebahagiaan dan kesejukan rohani.

“Wisata religi atau wisata rohani merupakan potensi pariwisata yang bisa dikembangkan oleh pemerintah Indonesia sebagai agenda tahunan yang mampu menyedot wisatawan domestik bahkan mancanegara, seperti halnya dari singapura dan Amerika,” katanya.

Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Sirnarasa, KH Dadang menjelaskan, sekitar 10 ribu jamaah dari Jawa Barat ,Jawa Tengah, Jawa Timur, Medan, Sumatera, Kalimantan dan dari berbagai daerah lainnya yang hadir. Serta wisatawan mancanegara yang sudah sering datang, diantaranya dari Amerika, program tahunan dari 9 negara bagian Amerika. Kemudian dari Singapurta dari Malaysia, alhandulillah sering datang bersilaturahimi ke pesantren Sirnarasa.

Loading...

Bertajuk wisata religi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal. Demikian diungkapkan Munjiah (65), asal Bekasi.
“Dengan membludaknya kunjungan ribuan jemaah, tentunya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Terbukti para pedagang yang ada di sekitar tempat dapat meraup keuntungan yang sangat signifikan,” katanya. koes

Tinggalkan Balasan