Peringatan Hardiknas, Lima Sekolah di Natuna Raih Adiwiyata

oleh -528 views

NATUNA, HR – Pemerintah daerah kabupaten natuna, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, di halaman kantor Bupati Natuna, Rabu (2/5).

Bertindak Sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah Natuna, Wan Siswandi, membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendi.

Amanat tersebut menjelaskan, dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini Kemendikbud RI mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

“Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,” ungkap Mendikbud, yang disampaikan oleh Sekda Natuna.

Pada Hardiknas 2018 ini, kata Siswandi, kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

“Atas dasar pikiran di atas, pada Hardiknas 2018 ini, kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia,” ungkapnya.

Setelah melaksanakan rangkaian upacara Hardiknas, Sekda menyerahkan piagam dan piala Adiwiyata kepada 5 sekolah di Natuna. Ke lima sekolah tersebut telah berhasil memenuhi komponen Adiwiyata.

Adapun 5 sekolah penerima piala Adiwiyata diantaranya, SD Negeri 011 Bunguran Timur, SMP Negeri 02 Bunguran Timur, SMA Negeri 01 Bunguran Timur, SMK Pariwisata Bunguran Timur, dan SMK Negeri 02 Kecamatan Bunguran Batubi.

Tujuan pemberian penghargaan Adiwiyata, sebagai bentuk apresiasi atas usaha yang dilakukan sekolah, dalam melaksanakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam proses pembelajaran.

Selain itu, Sekda Wan Siswandi didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Natuna, Ilham Kauli, melepaskan ikatan balon ke udara.

Ini sebagai tanda keseriusan Disdukcapil Natuna dalam menjalankan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), yang merupakan program dari pemerintah Pusat.

Loading...

Upacara Hardiknas diikuti sekitar 300 orang peserta, terdiri Pimpinan OPD dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan pemkab Natuna, Kepsek beserta guru, siswa SD hingga SMA. fian

Tinggalkan Balasan