Peran Sentral Pengawas Sekolah, Majukan Pendidikan di Kota Tangerang

TANGERANG, HR – Pengawas sekolah memiliki peran dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik maupun pelaku pendidikan seperti kepala sekolah dan guru. Tidak hanya mengawasi, pengawas sekolah juga harus bisa memberikan masukan serta terobosan yang dapat turut meningkatkan kemampuan para pelaku pendidikan dalam memajukan pendidikan di Kota Tangerang.
Walikota Tangerang Arif R Wismansyah saat membuka pelatihan
peningkatan kapasitas aparatur jabatan fungsional pengawas sekolah
yang diadakan BKPP.
Paparan tersebut disampaikan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah di lingkungan pemerintahan kota Tangerang yang diadakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) di Laboratorium Komputer BKPP, Lantai 4, Gedung Cisadane, pada Selasa (15/03).
“Pengawas harus menjalankan fungsi dan tugasnya dalam bidang akademik, manajerial dan supervisinya demi mencapai kemajuan pendidikan sehingga mampu bersaing diera Masyarakat Ekonomi Asean (Asean) saat ini,” tuturnya dihadapan 30 peserta pelatihan yang merupakan tenaga pengawas dari Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar yang ada di Kota Tangerang.
Walikota menyampaikan dengan adanya pengawasan yang dilakukan dengan baik oleh para pengawas sekolah diharapkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang akan semakin meningkat dan pengawas tak hanya sekedar mengejar angka kredit akan tetapi terus meningkatkan kualitas serta kapasitasnya.
Menurutnya, dengan kualitas para pengawas yang semakin mampu diharapkan pendidikan sebagai salah satu jalan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pada taraf hidup yang semakin baik lagi di Kota Tangerang dapat terwujud.
Seperti halnya dalam menghadapi MEA saat ini. Dengan kesiapan yang telah dimiliki masyarakat khususnya para generasi penerus Kota Tangerang, diharapkan segala tantangan yang ada dapat diatasi karena telah memiliki kemandirian ataupun keahlian untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
“Para pengawas juga harus terus belajar dan perbarui pengetahuan,” pesan Walikota seraya mengatakan dengan adanya pelatihan ini, Pemkot ingin semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan terkait kebijakan pemerintah, meningkatkan kompetensi dan kemudian tolong sampaikan informasi penting hasil pelatihan ini kepada para peserta didik dan pelaku pendidikan di Kota Tangerang.
Adapun pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari, 15-17 Maret 2016. Dengan turut menghadirkan beberapa narasumber yang salah satu diantaranya adalah Direktur Pembinaan Tenaga Didik Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. andre

Tinggalkan Balasan