Peran Masyarakat dan Aparat agar Terjalin Baik

oleh -246 views
SUKABUMI, HR – Peran serta masyarakat Desa Babakan, kecamatan Cisaat dirasakan sangat bagus, dalam rangka meningkatkan rasa kebersamaan dan kegotong-royongan, untuk meningkatkan kesejahteraan desanya, hanya dukungan dari aparat setempat dirasakan oleh masyarakat masih kurang.
Seperti Tempat Pemakaman Umum (TPU) awalnya lahan tersebut hanya dipergunakan oleh beberapa warga untuk memakamkan kerabatnya yang meninggal dunia, tetapi keberadaan lahan tersebut tidaklah ditunjang seperti diperhatikan pengelolaannya, penataannya serta perawatannya.
Terbukti dengan tumbuhnya tanaman liar serta pemanfaatan yang semakin banyak dipergunakan oleh masyarakat yang tidak tertata dengan baik.
Wahyudin, Ketua BKM Desa Babakan mengatakan, sebetulnya hal tersebut diatas tidak akan terjadi, manakala adanya keterlibatan aparat setempat dalam penataan, pengelolaan serta perawatan lahan tersebut ketika masih sedikit warga yang memanfaatkan, tetapi yang terjadi ketika sudah banyak yang menggunakan barulah terbersit, ucapnya.
Lebih lanjut dikatakan, seperti program PNPM merupakan program yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung seperti pengadaan talud, posyandu, irigasi dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dengan adanya potensi dimasyarakat seperti perusahaan mebel dan distributor beberapa produk, diharapkan dapat membantu dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta kemajuan Desa Babakan sendiri.
Diharapkan, kebersamaan antara masyarakat dengan aparat desa terjalin dengan lebih baik lagi, serta dukungan dalam program-program pemerintah daerah yang peruntukannya bagi desa. Karena besar manfaat yang dirasakan oleh warga secara langsung, termasuk pemberdayaan di berbagai bidang. ”Kami sangat mengharapkan adanya tempat pelayanan kesehatan bagi para manula dengan tempat tersendiri, karena selama ini pelayanan bagi para manula masih menumpang di posyandu,” ucapnya. ■ ida

Tinggalkan Balasan