Pengenalan Lingkungan Sekolah Melatih Ketahanan dan Kedisiplinan Siswa

oleh -150 views
TANGERANG, HR – Masa Orientasi Siswa itu lebih dikenal dengan adanya kekerasan, perploncoan, intimidasi, anak dipersulit dengan membawa barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan proses belajar mengajar, Kemendikbud RI menerapkan program Pengenalan Lingkungan Sekolah yang merupakan kegiatan pengganti orientasi siswa baru saat memasuki sekolah. Kegiatan yang mengacu pada Permen Dikbud No 18 Tahun 2016 tentang Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah.
Seperti dilakukan oleh SMAN 13 yang mengangkat tema pengenalan lingkungan sekolah sebagai ajang melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan.
Drs Kadari, Kepala Sekolah SMAN 13 Kota Tangerang mengatakan, pengenalan, artinya memperkenalkan calon siswa kepada lembaga ini. Baik kepada guru-gurunya, Kepala Sekolahnya, pegawai sekolah, ruangan-ruangannya, tata tertibnya seperti apa, proses KBM seperti apa, pedoman dari Kementerian sudah ada dan kita jalani semua, terang Kadari kepada HR (18/07).
“Melatih Ketahanan Mental tersebut guna menjadikan para siswa dapat melatih mentalnya dan membentuk kedisiplinan berdasarkan tata tertib yang sudah ada pada sekolah,” imbuhnya.
“Peralihan dari SMP menjadi SMA itu lingkungannya berbeda, materi yang dihadapi juga berbeda. Dari SMP ke SMA itu anak pergaulannya itu lebih luas. Itu perlu pengawasan yang intens dari orang tua. Komunikasi harus berjalan terus terhadap wali kelas,” pesan Kepsek.
Ditempat terpisah, menurut Sutanto, Ketua Panitia Pengenalan Lingkungan Sekolah SMAN 2 Kota Tangerang, bahwa secara umum kegiatan ini adalah pengenalan lingkungan sekolah kepada para siswa baru. “Hal tersebut apa yang diharapkan oleh pemerintah,” ungkap Sutanto kepada HR saat dijumpai di ruang kerjanya (18/07).
“Susunan acara sesuai dengan Juknis pada Permen 18, seperti edukatif, menyenangkan dan sifatnya menarik untuk anak-anak. Ada juga orientasi perkenalan dewan guru, serta ada materi tentang adiwiyata karena sekolah SMAN merupakan sekolah Adiwiyata sampai perkenalan semua ruang yang ada disini,” ujarnya. andre


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan