Pendistribusian Naskah US/MBD Subrayon 21 Berjalan Lancar

oleh -181 views
JAKARTA, HR – Ujian Sekolah siswa kelas VI SD digelar secara serentak 16 Mei 2016 di seluruh Indonesia. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.
Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah Berstandar Daerah (US/MBD) Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat diikuti sebanyak 6.795 siswa dari 127 Sekolah Negeri maupun Swasta.
Namun di hari pertama ada 26 siswa yang tidak mengikuti Ujian Sekolah diantaranya 14 mengundurkan diri, 4 orang sakit, 3 siswa izin, 2 siswa alpa, Sekolah Eksklusif 3 orang. Jumlah keseluruhan yang mengikuti pelaksanaan Ujian Sekolah tingkat SD pada pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 6.769 siswa.
Ujian Nasional tingkat SD/ MI sudah ditiadakan sejak dua tahun terakhir dan sebagai gantinya Pemerintah melaksanakan Ujian Sekolah. Naskah Ujian disusun oleh tim penyusun naskah soal tingkat kabupaten / kota yang berasal dari unsur guru SD dan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Penggandaan soal dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten/Kota. Adapun pengawasan Ujian dilakukan secara silang antara Madrasah dan Sekolah. Dengan system seperti ini diharapkan kualitas standar MI maupun SD terjaga dengan baik.
Pelaksanaan tingkat subrayon antara lain merencanakan dan mensosialisasikan pelaksanaan US/MBD di wilayah, mendata satuan pendidikan penyelenggaraan US/MBD, mendata calon peserta dan menyampaikan ke penyelenggara tingkat provinsi melalui penyelenggara tingkat Kota/ Kabupaten.
“Menerima daftar Nominasi Sementara (DNS) dan Daftar Nominasi Tetap (DNT) dari penyelenggara tingkat Kota/ Kabupaten dan mendistribusikan kesatuan pendidikan, Mendata calon pengawas dan menyampaikan kepada pihak penyelenggara, Mengkoordinasikan pengumpulan dan entry data nilai satuan pendidikan, mendistribusikan bahan US/MBD, menyelenggarakan UN Pendidikan kesetaraan Paket A dan Paket B, menjaga kerahasiaan dan keamanan bahan ujian, melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan US/MBD dan lainnya”ujar Kasie pendidikan tingkat kecamatan Cengkareng Gunarko SH.
Ketua panitia subrayon 21 kecamatan Cengkareng Drs. H. Matoni mengatakan kepada HR, “ada 15 panitia di subrayon 21 diantaranya para pengawas, Kepsek. Alhamdulillah pendistribusian naskah US/MBD berjalan lancar dan sesuai jadwal berkat kerjasama panitia, para Kepsek, dan guru yang ada di wilayah Kecamatan Cengkareng.”
Di tempat terpisah Kepala SDN Cengkareng Barat 02 Pt, Lasminah, yang juga menjadi panitia di ruangannya saat berbincang – bincang kepada HR, “Pengambilan pendistribusian naskah US/ MBD sekitar jam 5.30 wib akan tetapi jam 5.00 wib kita sudah ada di subrayon.”jm

Tinggalkan Balasan