Pemkab Rohul Bangun RS Berstandart Nasional

Direktur RSUD Rohul, dr. Wildan Asfan Hasibuan, M.Kes
ROKAN HULU, HR – Komit dalam melayani kesehatan masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu membangun rumah sakit berstandar nasional dengan gedung mewah 6 lantai, kini pembangunanya sudah 30 persen, diperkirakan tahun 2016 mendatang bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul tersebut akan tuntas dibangun.
Informasi ini disampaikan, Direktur RSUD Rohul, dr. Wildan Aspan Hasibuan, M.Kes di ruang kerjanya, katanya, rumah sakit tersebut akan memiliki peralatan dan fasilitas yang cukup lengkap, kini mobiler sudah ada diterima pihak managemen.
“Kekuarangan anggaran sekitar Rp 35 Milyar, jika tidak terjadi kenaikan harga, sedangkan anggaran yang sudah diselesaikan dari dana APBN sekitar Rp 15 M, karena target anggaran rumah sakit sekitar Rp 50 M, kini bangunannya masih 30 persen,” beber Wildan lagi.
Lanjutnya, RSUD Rohul kelas B sesuai dengan sertifikat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, jika nanti bangunannya tuntas jumlah pasiennya bisa menampung sekitar 200 pasien.
“Sedangkan kini kita baru bisa menerima sebanyak 120 pasien dengan kondisi ruang rawat inap yang ada,” ungkapnya.
Selain itu, rumah sakit akan dikelola rumah sakit pendidikan, karena akan terkonekasi dengan kampus Universitas Pasir Pangaraian (UPP), sambungnya, karena di kampus tersebut mau dibuka fakultas kedokteran.
“Jadi RSUD ini sudah memiliki standart minimal dari Menkes RI,” tuturnya.
Terangnya, RSUD ini memakai lift dengan enam lantai, nanti fasilitas di lantai I yakni Unit Gawat Darurat (UGD), ruangan loby, labotortium, Perbankan dan Kapetaria, Lantai II, Poliklinik, Pendaftaran Pasien, Ruang Tunggu, Lantai III, ruang operasi, ruang pemulihan, ruangan Neonatal Intensive Care Unit dan Pediatric Intensive Care Unit (NICU-PICU), Intensive Care Unit- Intensive Cardiac Care Unit (ICU-CVCU).
“Lantai IV, ruang Emodialisa, Pshiotratapy, Rehabiltion Medica, Medical Cek Up, Peratawan Khusus dan lainnya Lantai V, ruang rawat inap VIP, Ruang Rawat Inap Kelas I dan dan Lantai VI, administrasi perkantoran dan ruang serba guna,” pungkas Wildan Aspan Hasibuan.
Tambahnya dengan adanya arahan dari Bupati Rohul Achmad, diharapkan tahun 2016 mendatang pembangunan RSUD Rohul ini, bisa dituntaskan. “Kita berharap tidak halangan lagi, sehingga pembangunannya bisa berjalan dengan tuntas,” tutupnya. ■ ds

Tinggalkan Balasan