Kebakaran di Lahan PT AMR, Polres Rokan Hulu akan Selidiki Penyebabnya

Puluhan anggota BPBD dibantu TNI berusaha memadamkan api 
ROKAN HULU, HR – Kepolisian Resort (Polres) Rokan Hulu (Rohul) akan lakukan penyelidikan terhadap kebakaran hebat terjadi dikawasan lahan yang dikelola PT Agro Mitra Rokan (AMR) yang terjadi di Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rohul.
Ratusan hektar lahan yang sudah ditanami sawit terbakar api. Untuk memadamkan api puluhan personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI Danramil 14 Kepenuhan yang dibantu Danpos Koramil 02/Rambah ikut terlibat menghentikan aksi sijago merah.
Kepala Polres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono, SIK. Mhum melalui Kapolsek Kepenuhan AKP Fatman mengatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran lahan yang dikelola PT AMR yang berlokasi di Kepenuhan Timur itu.
“Kita sudah panggil Security PT. AMR, nanti kita minta keterangan. Namun sampai hari ini mereka belum datang .memenuhi panggilan kami,” kata AKP Fatman, Senin (7/9).
Ditambahkan Kapolsek AKP Fatman, informasi sementara yang diperolehnya, kebakaran lahan itu disebabkan api yang berasal dari kebun milik warga yang tidak jauh dari lokasi lahan perkebunan PT AMR.
“Namun, warga sudah kita panggil. Mereka jawab tidak tau apa-apa. Bahkan mereka mengakui tidak mungkin membakar lahan itu. Pasalnya lahan mereka juga terbakar,” sambung AKP Fatman.
Sebelumnya, sesuai informasi Erwin, selaku KTU PT. AMR melalui telpon selulernya memperkirakan luas lahan yang terbakar sebanyak 7 Blok yang diperkirakan total jumlah keseluruhannya ada sebanyak 150 Hektar.
“Lahan yang terbakar sekitar 7 blok dengan luas sekitar 150 hektar,”terangnya melalui telpon selulernya beberapa waktu yang lalu.
Sementara Danramil 14 Kepenuhan Kapten Inf Syahril mengatakan, Kebakaran lahan milik PT AMR, sudah barang tentu akan menambah volume kabut asap impor ke Rohul. Jika hal ini tidak disikapi dengan serius maka dampaknya tidak hanya mengganggu kesehatan masyarakat tapi menghambat program peningkatan pendidikan. Karena kegiatan belajar mengajar di Rohul saat ini lumpuh karena beberapa waktu lalu sudah diliburkan mulai dari PAUD hingga SMA.
Ditambahkan Syahril, kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungkin juga infeksi. Dan Kabut asap Juga dapat memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lain. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.
Diakui Syahril, usaha pemadaman api sempat terhambat akibat cuaca buruk. Dan dari pihak TNI Danpos Koramil 02/Rambah Pelda Ali Basri Ikut turun langsung bersama anggota Koramil 02/Rambah, BPBD Rohul dan Karyawan PT. AMR. Operasi pemadaman api saat itu pimpin langsung Danramil 14 Kapten Inf Syahril.
“Kami dari pihak TNI, khususnya yang ada di Kecamatan Kepenuhan di bantu dari BPBD Rokan Hulu. Akan berusaha keras untuk dapat memadamkan Titik Api yang ada sekarang ini,”tegasnya. ■ ds

Tinggalkan Balasan