Pemkab Barito Utara Galang Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir Kalimantan Selatan dan Gempa Sulawesi Barat

Pemkab Barito Utara Galang Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir Kalimantan Selatan dan Gempa Sulawesi Barat.

MUARA TEWEH, HR – Bencana banjir bandang di Provinsi Kalimantan Selatan dan Bencana Gempa di Provinsi Sulawesi Barat tentunya akan berdampak langsung dengan kehidupan warga, baik sandang, pangan dan kebutuhan lainya. Dalam rangka membantu untuk mengurangi beban warga yang terdampak baik banjir maupun gempa, Pemkab Barito Utara Galang Bantuan untuk warga yang menjadi korban bencana Banjir Kalsel dan Gempa Sulbar.

Pemerintah Kabupaten Barito Utara  melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan masyarakat Desa (Dinsos PMD) setempat bersama Karang Taruna Barito Utara serta para relawan di daerah ini mulai menggalang dana bantuan untuk korban bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel). Penggalangan dana ini dilaksanakan Minggu (17/01/2021).

Aksi solidaritas ini akan digelar di sejumlah titik jalan didalam Kota Muara Teweh dengan melibatkan sejumlah organisasi pemuda, mahasiswa, pelajar dan organisasi masyarakat (Ormas) di daerah ini. Plt Kepala Dinas Sos PMD Barito Utara, Eveready Noor mengatakan dalam kegiatan penggalangan dana bantuan untuk korban banjir ini di dukung sepenuhnya oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah. “Mulai Minggu pihaknya menyiapkan Posko Koordinasi. Silahkan yang mau membantu bahan makanan, barang, pakaian layak pakai dan uang bisa melalui relawan dibentuk maupun ke Posko Koordinasi,” kata Eveready Noor didampingi Kasi Kebencanaan, Brahim.

Dikatakan Evew panggilan akrabnya gerakan solidaritas ini, relawan ada yang di jalan dan berjalan ke sejumlah pertokoan. Eveready Noor juga diperintahkan Bupati Nadalsyah untuk mengirim relawan ke Kalimantan Selatan. Ditambahkan Kasi Kebencanaan Brahim, dalam penggalangan (pengumpulan) dana dan barang harus mengikuti aturan yang berlaku. “Karena ada status tanggap darurat di Kalsel maka dibolehkan menggalang sumbangan sampai batas waktu tanggap darurat,” terangnya.

Sementara Sekretaris Karang Taruna Barito Utara Saleh Purwanto menyebutkan, setelah mendapat masukan dari para relawan maka ditetapkan penggalangan bantuan dana dari tanggal 17-21 Januari 2021. “Aksi dimulai pukul 07.30 WIB – 10.00 WIB dan 15.30 WIB – 17.00 WIB,” ujarnya seraya menyebutkan donasi yang dikumpulkan sebagian akan digunakan membantu korban gempa Sulbar.

Loading...

Dikesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Barito Utara, Roby Cahyadi mengajak masyarakat Barito Utara dan dermawan, di daerah ini turut untuk bersama-sama membantu meringankan beban warga masyarakat yang menjadi korban terdampak musibah banjir di Kalsel. mps

Tinggalkan Balasan