Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Ekonomi Syariah

Pembina LES, Suparman saat memberikan pembinaan pada pertemuan bagi hasil LES.
OKUT, HR– Tidak ada masalah tanpa solusi, dan tidak juga ada kesempitan tanpa kemudahan tentu bukanlah sekedar semboyan, tapi telah dibuktikan oleh warga Desa Sido Makmur Belitang.
Semboyan ini pas untuk diutarakan, bermula masalah ekonomi warga beberapa tahun ini yang tidak stabil karena harga karet yang dianggap warga rendah, sehingga membuat warga berpikir keras untuk meningkatkan hasil ekonomi dan permodalan.
Ahirnya dengan semangat kebersamaan 53 orang warga membentuk Lembaga Ekonomi Syariah ( LES ), yang dalam pelaksanaannya sistem kerjanya lembaga ini menyerupai koperasi. Hanya saja bentuk bunga pinjamannya merupakan infaq wajib dan bukan bunga. LES ini sendiri diketuai oleh Turikan dan dibina oleh Suparman SP.
Menurut Suparman, LES yang baru 2 tahun ini, kini keuangannya sudah terkumpul sebesar Rp. 75.500.000,. dan selalu berputar di anggota, sebab dipinjamkan untuk permodalan. ”Kami merasa cocok dengan upaya ekonomi seperti LES ini, sebab kami bisa pinjam dengan cepat dan hasilnya pun nanti untuk anggota juga,” kata salah satu anggotanya pada HR. Mungkin solusi ekonomi warga seperti ini bisa di contoh oleh warga lainnya. ■ abdulah

Tinggalkan Balasan