Panen Raya Jagung dan Sosialisasi PATB Pajale di Desa Romangloe Kab Gowa

oleh -417 views

GOWA, HR – Kasubdit Padi Irigasi Rawa Kementerian Pertanian RI Tri Martini Patria bersama rombongan mengikuti kegiatan Panen Raya Jagung tahun 2018 sekaligus sosialisasi Penambahan Areal Tanam Baru, Padi, Jagung, dan Kedelai (PATB PAJALE) yang bertempat di Samaya Desa Romangloe Kec Bontomarannu Kab Gowa, Rabu (28/2/18).

Kunjungan Ditjen di lokasi panen raya disambut baik oleh Asisten II Bidang Pemerintahan Mappasomba Maknun mewakili Bupati Gowa, yang didampingi Camat Bontomarannu M. Sabir Bangsawan dan Kades Romangloe Asis Nai selaku tuan rumah.

Ditjen terkesan dalam kunjungannya dan menyampaikan niatnya terkait bantuan Program PATB PAJALE ini yang merupakan program Presiden Jokowi, yang akan disalurkan kepada petani dari 3 komoditas untuk bantuan bibit dan pupuk yang wujudnya transfer uang, pasalnya petani tidak diminta kelompok tani untuk membuka rekening sendiri dan yang akan dilakukan oleh Kementerian yaitu buka rekening kolektif (Burekof) bersama Bank BNI yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan anggaran.

“Cara mendapatkan anggaran itu dikumpulkan pemberkasan yang ada kurang lebih 10 macam dan bisa memberikan data yang tepat pada Provinsi dan bagi petani baru yang tidak punya kelompok cukup dengan surat keterangan Kadis Kabupaten sudah bisa mengaskes bantuan pemerintah,” ucap Tri.

Tri Martini Patria meminta Camat Bontomarannu untuk membantu kelompok taninya terkait mekanisme bantuan program Pajale.

Di kesempatan ini Camat Bontomarannu menyampaikan bahwa dirinya selalu memperhatikan kelompok taninya, tetapi selama ini sistemnya yang tidak terhubung karena tidak pernah ada bantuan melalui kecamatan bahkan kegiatan apapun dari kementerian dan Provinsi tidak melalui Camat sebelunya.

“Hari ini harapan kelompok tani kita ini langsung dimonitor oleh Kementerian RI dan apa yang disampaikan oleh Ditjen hari ini merupakan jawaban untuk kelompok tani kita,” ujar Sabir, karena Camat dilibatkan membantu prosedurnya di program ini.

Sambutan Bupati Gowa diwakilkan oleh Mappasomba Maknun, dan mengapresiasi atas kerjasamanya selama ini terkhusus pada 4 kelompok tani yang telah melakukan penanaman jagung hibrida Varietas Bisi 18 dan DK 99 seluas kuranglebih 11 Ha dan pada hari ini telah berhasil dilaksanakan yang ditandai dengan Panen Raya.

Loading...

Kegiatan ini dihadiri Asisten II Pemkab Gowa, Ditjen bersama rombongan, Kepala BPTP Sulsel, Dandim 1409 Gowa diwakilkan Kasdim 1409 Gowa, Camat Bontomarannu beserta jajarannya, Kapolsek Bontomarannu, Kepala Desa Romangloe dan Jajarannya serta Kelompok tani dan Tokoh Masyarakat. kartia

Tinggalkan Balasan