Pameran Your Existence Give Me Hope, Keramik sebagai Media Seni Minoritas

oleh -119 views
Pameran Your Existence Give Me Hope.

BADUNG, HR – Karya seni dengan media keramik merupakan hal yang masih kurang familiar kita dengar, namun keberadaannya di Indonesia secara konsisten berjalan bersama dengan retail bisnis keramik.

Salah satu seniman yang konsisten berkarya dengan media keramik adalah Sekar Puti Sediawati. Perempuan kelahiran Jakarta tahun 1986 ini memutuskan menggelar solo exhibition untuk memperkenalkan kehadirannya di Pulau Dewata.

Melalui pameran karya seni keramik bertema ‘Your Existence Gives Me Hope’ yang digelar di Uma Seminyak sejak tanggal 25 Mei hingga 13 Juni 2019, Puti ingin menyampaikan curahan hatinya sebagai seorang perempuan dan isu minoritas karya seni keramik di Indonesia.

Kurator Pameran, Sally Texania menyampaikan, bahwa isu karya seni dengan media keramik sebagai low art yang tidak banyak dipilih para seniman membuat isu minoritas tersebut makin terasa.

“Dari segi proses, media keramik cenderung membutuhkan waktu yang lama untuk diproduksi, sementara dari segi bahan, ia termasuk bahan yang sangat rapuh, sehingga jarang dipilih oleh seniman dan masuk ke dalam katagiri low art.”

Loading...

Terkait motivasi berkarya, Puti menjelaskan, bahwa menghasilkan suatu karya merupakan usaha personalnya untuk tetap waras.
“Berpindah kota, mengurus dua anak, menjalankan bisnis keramik, dan menjadi manajer untuk suami memberikan tekanan tersendiri bagi saya. Berkarya merupakan langkah agar membuat saya tetap waras,” tutupnya. gina

Tinggalkan Balasan