Olahan Menu Spesial Berbuka Puasa Pempek Kapal Selem Bercita Rasa Khas

oleh -378 views
oleh
Meyin Pencinta Olahan Spesial Berbuka Puasa "Pempek Kapal Selem"

PAGARALAM, HR – Menu pempek palembang berikut ini dijamin menjadi makanan buka puasa yang paling digemari pencinta kuliner bercita rasa khas palembang makanan Pempek Kapal Selem.

Mungkin menjadi pertanyaan sepintas kita memikirkannya seolah menyebut “pempek kapal selem” maka sejumlah orang agak terperangah membayangkan bahwa ada pempek seukuran kapal di laut.

Seperti halnya varian pempek lainnya yang berbahan ikan, pempek kapal selam sedikit unik dari sisi ukuran.

Ukurannya relatif lebih besar dibandingkan pempek biasanya yang sering kita lihat berukutan kecil, karena untuk pempek kapal selem memang disiapkan untuk menampung satu butir telur.

Meyin, pencinta olahan menu spesial khas berbuka puasa “Pempek Kapal Selem” membagi resep membuat pempek kapal selam ini.

Pempek Kapal Selem.
Olahan Spesial Menu Berbuka Puasa Pempek Kapal Selem.

Pertama, ia menyiapkan bahan-bahannya, yakni ikan tengiri 500 gram (diambil dagingnya lalu dihaluskan). Bahan lainnya adalah tepung tapioka  500 gram dan telur ayam dua butir (untuk adonan), kuning telur sesuai banyaknya pempek yang dibuat (untuk isian), air es, tiga siung bawang putih dan garam.

Cara membuatnya, masukkan terlebih dahulu ikan tengiri yang telah dihaluskan ke dalam sebuah wadah lalu tambahkan bawang putih dan garam yang telah dihaluskan. Lalu, masukkan dua butir telur agar pempek yang dihasilkan lebih lembut, tambahkan air es. Setelah semua bahan tercampur rata, baru masukkan tepung tapioka.

Semua bahan kemudian diaduk rata hingga kalis dan tidak lengket bila dibentuk adonan. Dapat pula ditambahkan tepung tapiokanya bila adonan masih lengket.

Lalu, bentuk adonan pempek kapal selam seperti mangkuk. Masukkan satu butir kuning telur untuk setiap pempek kemudian tutup kembali hingga rapat dan membentuk seperti kue pistel.

Setelah adonan terbentuk semua, lalu panaskan air untuk merebus adonan. Masukkan pempek kapal selam satu per satu ke dalam air yang telah mendidih dan angkat bila telah timbul ke atas. Kemudian, goreng pempek tersebut dengan minyak panas.

Pempek dalam penyajian biasanya ditemani oleh saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan yang disebut cuka. Rasa pedas yang ditimbulkan cuka diharapkan dapat meningkatkan selera.

Untuk membuat saus cuka dibutuhkan bahan-bahan sebagai bumbu, yakni cabai rawit, bawang putih dan garam yang ditumbuk hingga halus. Kemudian bumbu ini dimasukkan dalam panci, lalu tambahkan asam jawa, gula aren serta cuka makan. Tambahkan juga satu gelas air dan rebus hingga mendidih.

Cara penyajiannya, yakni pempek kapal selam yang telah digoreng dibelah menjadi empat atau sesuai selera.

Letakkan ke dalam piring atau mangkuk dan sajikan bersama cuka pempek. Tambahkan mentimun yang telah dicincang untuk menambah kenikmatan.

Menyantap pempek memiliki kekhasan tersendiri karena makanan berbahan ikan ini selalu disajikan dengan cuka atau lazim disebut “cuko”. Warga Palembang sering mengatakan dengan istilah “ngirop cuko”.

Ada hal menarik terkait dengan “cuko” karena gula merahnya mesti pilihan jika ingin mendapatkan rasa kelas wahid.

Semoga bermanfaat, selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1444 H semoga kita semua diberikan kemudahan rezeki, dan selalu bersyukur dengan nikmat yang diberikanNya, dan mohon maaf apa bila ada kesalahan. jauhari gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *