MUSRENBANG RKPD 2016, TOP DOWN PLANNING DAN BOTTON UP PERENCANAAN PEMBANGUNAN

oleh -485 views
KUALATUNGKAL, HR – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal (Bappemdal) Tanjab Barat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kab Tanjab Barat Tahun 2016.
Acara yang digelar Rabu (25/03) kemarin di gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati ini resmi dibuka langsung oleh Bupati Tanjab Barat Drs H Usman Ermulan MM.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Jambi H Ahmad Fauzi, Wakil Bupati Katamso, Sekda H Mukhlis, Ketua DPRD Faizal Riza, Anggota Forkompimda, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala SKPD, Kepala Bagian di Lingkup Setda Tanjab Barat, para camat dan undangan lainnya.
Bupati H Usman Ermulan, dalam sambutan mengatakan, kegiatan Musrembang RKPD ini merupakan salah satu tahapan dari rangkaian penyusunan Perda RKPD Kab Tanjung Jabung Barat tahun 2016 sesuai dengan amanat Undang Undang No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
Bupati juga menyampaikan bahwa Perda RKPD Tanjab Barat tahun 2016 disusun berdasarkan arah kebijakan pembangunan daerah yang mengacu pada standar pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan dan beberapa prioritas pembangunan lainnya berdasarkan PP No 6 Tahun 2008 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.
Disebutkan Bupati bahwa ada 3 aspek dengan 9 fokus indikator keberhasilan kinerja pemerintah daerah, diantaranya aspek kesejahteraan masyarakat, fokusnya pada kesejahteraan dan pemerataan ekonomi, kesejahteraan daerah dan seni budaya serta olahraga, kemudian aspek pelayanan umum dengan fokus pada pelayanan dasar dan penunjang, serta aspek daya saing daerah fokusnya pada kemampuan ekonomi daerah, fasilitas wilayah atau infrastruktur, iklim berinvestasi dan SDM.
“Penyusunan Perda RKPD Tahun 2016 ini merupakan produk Perda terakhir pemerintahan saya bersama saudara Katamso yang akan berakhir tahun 2016. Tidak sedikit rintangan yang menghalangi usaha kita bersama dalam membangun kabupaten ini,” paparnya.
Sementara, Kepala Bappemdal Firdaus Khattab mengatakan, Musrembang ini akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 25–27 Maret 2015 di Balai Pertemuan Kantor Bupati dan aula kantor Bappemdal Tanjab Barat.
Dikatakan Firdaus, RKPD akan menjadi acuan bagi penyusunan kebijakan umum APBD, kebijakan umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Platfon Anggaran Sementara (PPAS). Tema Musrembang kali ini yaitu melalui Musrembang RKPD, kita padu dan serasikan Top Down Planning dan Bottom Up untuk perencanaan pembangunan Kab Tanjung Jabung Barat.
Dalam kegiatan Musrembang tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Jambi H Ahmad Fauzi memaparkan arah kebijakan RKPD Provinsi Jambi tahun 2016, dimana isu-isu strategis yaitu pada daya saing wilayah, diantaranya daya saing infrastruktur, daya saing ekonomi dan daya saing Sumber Daya Manusia. ■ 766HI/Adv

Tinggalkan Balasan