GUBERNUR BUKA SELEKSI AJANG STQ

oleh -340 views
BANDUNG, HR – Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan membuka secara resmi acara penyelenggara seleksi Tilawatil Quran ke-XIV tingkat Provinsi Jabar tahun 2015, Minggu (22/3) di gedung Puspad’i Jabar, Jln Diponogoro 63, Bandung.
STQ yang diikuti 372 Qori/Qoriah yang terbagi dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat, ini termasuk salah satunya adalah kafilah dari Kab. Pangandaran yang dipimpin oleh Pj Bupati Pangandaran Endjang Naffandy.
Adapun cabang yang diperlombakan pada STQ tingkat Jabar meliputi tiga cabang dengan delapan golongan, yaitu tilawah anak-anak dan dewasa, tafhidz 1, 5, 10, 20 dan 30 juz, selain perlombaan tadi, lomba lainya tafsir bahasa Arab. Selanjutnya, perhelatan STQ diawali dengan parade atau pawai ta’aruf dari masing masing daerah kafilah STQ.
Sementara pemukulan gendang oleh Gubernur Ahmad Heryawan pertanda kegiatan STQ dimulai disaksikan, kakanwil kamenag provinsi jabar,para bupati/walikota se-Jabar dan ketua LPTQ provinsi Jabar.
Ahmad Heryawan meminta agar pelaksanaan STQ tidak hanya seremonial belaka, tetapi benar benar menghasilkan insan-insan yang gemar dan mencintai Al-Quran sebagai pedoman hidup, serta mengamalkanya.
“Saya mengajak kepada bupati dan walikota untuk memasyarakatkan gemar membaca dan menghafal Alquran kepada masyarakatnya, khususnya pada pelajar,” ujarnya.
Selain itu, menurutnya, membiasakan membaca Al-Quran diharapkan paling tidak seperempat juz setiap harinya. Dengan membiasakan seperti itu, dipastikan anak-anak pelajar khususnya bisa terhindar dari bahaya pornografi dan HIV AIDS.
“Oleh karena itu saya minta kepada para bupati dan walikota agar di tiap-tiap sekolah, sebelum memulai pelajaran, harus membiasakan terlebih dahulu membaca Al-Quran dan menghafalkannya, walau hanya satu ayat saja dalam waktu tiga puluh menit,” katanya.
Sementara, Pj Bupati Kabupaten Pangandaran Endjangf Nafandy kepada HR mengatakan, bahwa apa yang diserukan Gubernur Jabar tentang ajakan untuk membaca dan menghafal Al-Quraan tiap harinya merupakan ajakan yang sangat mulia.
“Semoga untuk pertama kalinya Kab. Pangandaran dalam mengikuti khafilah STQ di tingkat provinsi ini. Diharapkan para peserta dari Kab. Pangandaran dalam mengikuti kegiatan STQ ini menjadikan pemicu dan semangat, dalam upaya menggemar membaca dan menghafal Al-Quran bagi anak anak, khususnya anak anak peserta yang dari Kab. Pangandaran,” katanya. ■ agus kucir

Tinggalkan Balasan