Monumen Ompu Saribu Raja di Samosir Diresmikan

Peresmian monumen  Ompu Saribu Raja di Batu Hobon, Gusirawan Pasaribu menandatangani Batu Prasasti di Batu Hobon, Kecamatan Sianjur mula mula, Samosir.
SAMOSIR, HR – Pesta peresmian monumen Ompu Saribu Raja diadakan di Batu Hobon, Kecamatan Sianjur Mula mula, Samosir, Sumut, Kamis (30/7). Ada pun mulanya manusia di Tanah Batak, Raja Batak mempunyai tiga putra, yakni Guru Tetea Bulan, Toga Sumba, Toga Laut.
Sejarah singkat Ompu Tuan Saribu Raja sebagai berikut; Guru Tetea Bulan mempunyai istri Sibaso Borning keturunanya lima putra dan lima putri, Raja Biak (Raja Uti), Tuan Saribu Raja, Limbong Mulana, Sagala Raja, Putra kelima Silau Raja dan putri kelima, Siboru Biding Laut, Siboru Pareme, Siboru Pungga Haomasan, Siboru Pitta Haomasan, dan Nan Tinjo.
Monumen peresmian Saribu Raja dan sekaligus pengguntinga pita yang laksanakan oleh Gusirawan Pasaribu didampingi calon Bupati Samosir Rapidin Simbolon serta ketua panitia Siwalu Pasaribu dengan rombongan Pemkab Samosir.
Pomparan Saribu Raja serta Boru Bere seluruh Indonesia meresmikan monument yang dapat diartikan mengingat pentingnya budanya Batak. “Dan mengenang kembali leluhur nenek monyang kita,” papar Gusirawan Pasaribu.
Setelah lahirnya anak yang bisa diharapkan menjadi penerus tahta kerajaan di tanah Batak, lahirlah Tuan Saribu Raja mempunyai banyak kelainan, pintar berkata-kata dan juga kesaktiannya pada masa itu. Bisa menghidupkan orang mati, serta bisa menyegarkan yang sudah busuk dan tuan Saribu Raja mempunyai pusaka yaituh pedang solam debata, tumbago holing, surat agong, emas satu guri guri, cincin sipajadi jadi, batu martoha. ■ mn

Tinggalkan Balasan