Moment Muskomwil I Apeksi Di Pekanbaru Diharapkan Membuka Mata Nasional Akan Smart City Madani

oleh -675 views

PEKANBARU, HR – Pemko Pekanbaru yang dipimpin Walikota DR. Firdaus ST. MT, mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskowil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Acara tersebut diperkirakan akan dihadiri 24 Walikota, khususnya para Walikota dari 5 Provinsi se Sumatera. Muskomwil Regional I Apeksi rencananya akan diselenggarakan 1-3 Februari 2018. Adapun acara-acara sidang diselenggarakan di Hotel Arya Duta Pekanbaru.

Pada saat konfrensi pers, penanggung jawab acara Muskomwil I Apeksi, Sekertaris Kota Pekanbaru, M Noer, berharap kesempatan berharga tersebut membawa dampak positif pada perekonomian serta dapat membuka mata publik secara nasional bahwa Pekanbaru adalah kota bersahabat Nice Smart City, seperti cita-cita Walikota DR. Firdaus ST. MT, dan Wawako Ayat Cahyadi, dan Pekanbaru sudah menjelma menjadi kota Metropolitan.

“Karena pesertanya banyak diharapkan acara ini dapat memberi dampak positif bagi ekonomi masyarakat Pekanbaru dan membuktian kepada semua bahwa masyarakat kita kompak dan Pekanbaru adalah kota yang nice City,” kata M.Noer.

M.Noer juga mengajak masyarakat untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan dan ikut berpartisipasi dalam Muskomwil I Apeksi, baik sebagai penonton maupun menjadikan kesempatan tersebut sebagai ajang menambah penghasilan dengan cara menjajahkan kebutuhan para tamu diluar kebutuhan yang sudah disediakan panitia.

“Diharapkan masyarakan dapat meperkenalkan produk UKM maupun kebutuhan, entah itu makanan atau minuman maupun pakaian yang dipakai para tamu, mungkin juga cendra mata yang akan dibawa pulang sebagai oleh-oleh,” ujarnya.

M. Noer memaparkan jadwal rencana cara Muskomwil I Apeksi, dimana direncanakan akan dibuka langsung oleh Ketua Apeksindo Pusat yakni Walikota Tangerang Selatan dan beberapa acara yang dijadwalkan akan digelar antara lain sidang-sidang, termasuk sidang pemilihan Ketua serta pengukuhan Ketua Apeksi wilayah I yang akan terpilih, ladies Expo (khusus ibu-ibu), Penanaman Pohon, City Tour, Pawai Budaya, dan City Ekspo.

“Hari pertama direncanakan sebagai hari pembukaan yang akan dibuka langsung oleh Ketua Apeksindo Pusat, Walikota Tangerang Selatan. Hari kedua dijadwalkan acara penanaman pohon. Acara penanaman pohon merupakan kegiatan rutin dalam acara Apeksi, sebagai bentuk komitmen Asosiasi Pemerintah dalam mendukung program Nasional maupun Internasional, dan pohon yang ditanam berasal dari wilayah masing-masing (Walikota Yang Hadir-HR), acara ini dilakukan di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan sidang-sidang dan sidang pemilihan Ketua Apeksi Wilayah I yang baru sekaligus pengukuhan, dan untuk ibu-ibu pada waktu yang sama ada acara ladies Expo. Pada hari ketiga dijadwalkan Pawai Budaya yang dimulai dari Jl. Gajah Mada dan berakhir di Jl. Cut Nyak Dien. Berikutnya acara City Expo yang berlokasi di Jl. Cut Nyak Dien, tepatnya diantara Gedung Perpustakaan dengan Kantor Gubernur.

Menurut Asisten II Pemko Pekanbaru, yang juga panitia kegiatan acara tersebut akan dimeriahkan ribuan bahkan puluhan ribu orang, dan diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian dan memperkenalkan bahwa Kota Pekanbaru adalah tempat yang ideal sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara-acara rapat.

Loading...

“Diperkirakan acara akan dimeriahkan 5.000 sampai 1.500 orang, dikarenakan Pekanbaru tidak memiliki PAD dari Pertambangan, maka diharapkan hal ini dapat menjadi pemberitahuan bahwa Pekanbaru tempat yang Cocok untuk menyelenggaran berbagai acara, dan kedepan juga ada acara besar yang akan diselenggaran di Kota Pekanbaru,” kata Asisten Pemko Pekanbaru. ti/dar

Tinggalkan Balasan