Menakar Potensi Kabupaten Jeneponto

oleh -235 views
JENEPONTO, HR – Jeneponto dikenal sebagai daerah penghasil garam, juga dikenal Gersam di masa lalu. Namun kini, kabupaten yang dipimpin Drs H Iksan Iskandar.MSi ini semakin hari semakin menampak “cahaya”. Berbagai kekuatan potensi daerah digali secara bertahap demi kemajuan dan kemashalatan masyarakat butta turatea.
Berangkat dari “kekuatan” yang ada di Jeneponto tersebut, daerah ini kini memiliki modal dasar untuk membangun dan memajukan serta membawa perubahan kearah kehidupan rakyat yang lebih baik. Adalah tanggun jawab pemerintah untuk memotivasi dan menginspirasi rakyat untuk semakin maju dan berkembang, tentunya dengan berbagai terobosan-terobosan positif demi pembangunan dan kemajuan rakyat tersebut.
Karena tidak lama lagi Kab Jeneponto akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan sebagian dari putra daerah memiliki hak dan kewajiban untuk bersuara dan memberikan sedikit saran bagi perkembangan dan kemajuan daerah ini di masa mendatang.
Bila berkaca dari potensi-potensi Jeneponto yang ada, daerah penghasil garam ini cukup memiliki sumber daya alam yang baik untuk dikembangkan dan dikelola sebagai sumber pendapatan bagi daerah dan masyarakat.
Tersebutlah Jeneponto yang dikenal sebagai penghasil air nira pohon lontar atau ballo dan tidak sedikit dari masyarakatnya yang hidup dari mengelola air nira pohon lontar tersebut. Namun sangat disayangkan, ballo tersebut dikembangkan dalam bentuk menuman keras yang memabukkan. Hingga produk minuman kegemaran masyarakat Jeneponto ini kadang-kadang menjadi pemicu timbulnya tindak keriminal yang lebih besar seperti perkelahian, pembunuhan bahkan pencurian. Karena minuman khas ini menjadi minuman tidak produktif untuk pendukung pembangunan Jeneponto. Akan lebih baik bila ballo tersebut di kelola secara benar, contohnya di kelola menjadi gula merah. Mungkin Dinas Perindustrian Koperasi bisa memikirkan, bagaimana ballo menjadi lebih “mulia” dan tidak sekedar minuman “criminal”.
Tentang pemimpin yang ideal yang diharapkan dapat memimpin Jeneponto ada banyak kreteria yang tentunya datang dari masyarakat. Namun secara umum kita bisa menarik kesimpulan, bahwa Jeneponto membutuhkan pemimpin yang inovatif, cerdas, berahlak baik serta memiliki kepekaan yang tajam terhadap keinginan masyarakat, terutama perintihan rakyat kecil yang kadang tidak sempat terucapkan.
Catatan Penting
Satu lagi yang bisa membuat Jeneponto bisa lebih “besar” adalah rakyatnya yang sangat patuh pada pemimpin yang memiliki solidaritas yang besar terhadap sesama manusia dan prinsip-prinsip dan persatuan bersama dan ini bisa menjadi modal ungul untuk memacu percetakan pembangunan masyarakat di daerah jeneponto. ■ syarif sitaba

Tinggalkan Balasan