Melestarikan Seni Budaya, Pesta Rakyat Dadap Digelar Meriah

oleh -389 views

TANGERANG, HR – Minggu (4/2/18), pukul 8.30 WIB, Kabupaten Tangerang menggelar acara Nelayan Pesisir Pantai Berkarya yang diselenggarakan oleh Forum Seni Budaya Tradisional Tangerang di Kampung Dadap, Kelurahan Kosambi, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Walaupun acara telah tersusun dengan baik disertai atraksi seni budaya, ironisnya acara itu tidak dihadiri pejabat Pemkab Tangerang, padahal undangan telah disampaikan.

Ketua Panitia Acara Nelayan Pesisir Berkarya, Kakang Prabu, kepada HR menjelaskan, tujuan penyelenggaraan acara ini untuk melestarikan seni budaya Indonesia dan tradisi para nelayan pesisir laut, yang mana acara selalu diadakan setiap satu tahun sekali.

Di acara ini, juga menampilkan atraksi Barongsai, yang menjadi ciri khas Dadap Baru. Kakang Prabu mengatakan, bahwa acara ini digelar untuk mengajak kaum muda agar memiliki jiwa kreatifitas seni budaya yang baik dan benar, serta tidak menghilangkan tradisi leluhur bangsa Indonesia. Walau budaya barongsai dari Negeri China, namun sudah mengakar dan tradisi bagi nelayan Dadap Baru Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang.

“Memberikan pengetahuan baik secara umum maupun khusus terutama pesilat besi, adanya Barongsai dan acara queban sudah merupakan asli kelahiran Tangerang,” ujar Kakang Prabu.

Forum Seni Budaya Tradisional Tangerang juga mengajak kaum muda Kabupaten Tangerang untuk senantiasa mencintai dan melestarikan budaya lokal.

Tahun depan, acara inipun akan digelar kembali. Karena nelayan pesisir merayakan pesta nelayan tidak menggunakan anggaran pemerintah. Mereka saling menyokong agar acara dapat terlaksana. Bahkan tidak satu pun para pejabat wilayah yang hadir dalam acara ini.

Loading...

Walaupun tidak dihadiri pejabat pemerintah setempat, nelayan pesisir Dadap Baru tetap bahagia dengan kondisi yang tidak diperhatikan. Berkarya dan berseni menuju masyarakat Dadap yang damai dan sejahtera ke masa depan. linda

Tinggalkan Balasan