Masjid Darul Jannah Kompleks Wali Kota Jaksel Sembelih 61 Hewan Kurban

JAKARTA, HR – Meski tidak menyelenggarakan Sholat Idul Adha 1442 Hijriah pada tahun 2021 ini, Masjid Darul Jannah, Kompleks Walikota Jakarta Selatan tetap menggelar penyembelihan hewan kurban.

Sesuai dengan arahan Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada H+1 Idul Adha atau Rabu pagi (21/7/2021) di area Masjid Darul Jannah, Kompleks Walikota Jakarta Selatan.

Pada perayaan Idul Adha ini pemotongan hewan kurban ditinjau langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji, didampingi Sekretaris Kota Munjirin.

Untuk diketahui, hewan kurban yang terkumpul di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan totalnya 152 ekor, yang terdiri dari sapi 48 ekor, serta kambing dan domba 104 ekor. Hewan kurban itu berasal dari para ASN di lingkup Pemkot Jakarta Selatan sebanyak 25 ekor, dan 19 ekor dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), dan selebihnya dari perusahaan-perusahaan, perorangan dan lain sebagainya.

Namun, yang disembelih di Masjid Darul Jannah hanya 61 ekor hewan kurban, dan lainnya sebanyak 91 ekor hewan kurban sudah diberikan pada lembaga keagamaan, masjid, yayasan dan panti sosial dan lain sebagainya.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Darul Jannah, dilakukan dengan menggunakan alat dari Batan yang namanya Scradel, demi memudahkan penyembelihan dan keamanan yang menyembelih. Kemudian untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, penyembelihan juga dilakukan dengan prokol kesehatan (prokes) ketat.

Untuk menjaga dan ramah lingkungan, panitia qurban kembali menggunakan Bongsang (keranjang terbuat dari bahan bambu) sebagai tempat atau wadah daging hewan kurban yang akan didistribusikan ke masyarakat.

“Selanjutnya daging hewan kurban tersebut nantinya, 50 persen lebih akan kami drop ke wilayah kelurahan dan kecamatan yang sudah dikemas di dalam wadah ramah lingkungan, bongsang. Daging akan dibagikan pada fakir miskin dan warga yang isoman. Sisanya akan kami bagikan di lingkup Kantor Wali Kota,” pungkas Isnawa Adji. rg/edy

Tinggalkan Balasan