Lahan Milik Pemerintah Desa BP II Untuk Pembangunan SPAM

oleh -52 views
Perangkat desa Air Periukan beserta pejabat pemerintah kabupaten Seluma dan pejabat PUPR Provinsi Bengkulu.

BENGKULU, HR – Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional KOBEMA yang akan dikelola
Pemerintah Provinsi Bengkulu c/q PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Benteng, Kota dan Seluma.

Telah melakukan pembebasan lahan Offtake atau Keran induk intelasi meteran Air Minum bersih sebanyak sembilan (9) titik tersebar diwilayah kabupaten Benteng lima (5) titik, dua (2) titik dalam wilayah Kota dan Seluma dua (2) titik di desa Babatan kecamatan Sukaraja dan desa BP II kecamatan Air Periukan.

Ir. Yasar kepala UPTD KOBEMA PUPR Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu c/q PUPR Provinsi bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Benteng KOBEMA Provinsi, akan membangun SPAM Regional yang hulunya dikabupaten Bengteng, ditengah dalam Kota dan hilirnya dikabupaten Seluma, sesuai surat dari pemerintah provinsi (Gubernur,red) kepada pemerintah kabupaten Seluma (Bupati) yang isinya PUPR Provinsi butuh Lahan untuk pembangunan dua Offtake keran induk SPAM Regional.

“Kebetulan permintaan pemerintah provinsi direspon Pemda Seluma bahwa lahan sudah ada diwilayah kecamatan Sukaraja desa Babatan milik Pemda Seluma dan lahan BP II kecamatan Air Periukan milik desa tanpa ganti rugi. Hibah lahan desa BP.II di serahkan oleh perangkat desa/Kades. Ibu Tatik Winarti. M.Pd bersama Camat Drs. Ramlan Efendi dan Pemerintah Kabupaten Seluma yang diwakilkan pada BAPPEDA, Kabid fisik dan prasarana Jimmy Ariaferta.ST.MT. M.Si diterima Pemerintah Provinsi Bengkulu c/q kadis PUPR, Tejo Suroso.ST. M.Si didampingi beberapa staf”, ungkap Yasar, Rabu (22/6/2022).

Dijelaskannya bahwa lahan hibah untuk pembangunan SPAM BP.II dipinggir jalan seluas 10 meter x 20 meter dekat kantor camat tanpa ganti rugi, murni hibah untuk pembangunan milik desa begitu pula milik Pemda Seluma di desa Babatan ada juga di kabupaten Benteng desa Renas Manik selebihnya di beli oleh Pemda Provinsi Bengkulu.

Ir. Yasar UPTD.

“Alhamdulilah semua berjalan lancar, hanya satu lokasih lahan kita diserobot masyarakat didesa Air Sebakul dalam kota dan sudah kita laporkan pada penyidik kepolisian dan diproses,” ujar Yasar.

Jimmy Ariaferta mengatakan Untuk diketahui sebelumnya bahwa air minum yang akan didistribusikan kepada masyarakat Benteng, Kota dan Seluma berasal dari PLTA Sungai Musi desa Air Susup kecamatan Tabapenanjung kabupaten Benteng yang debit airnya sangat besar (melimpah,red), sehingga dimanfaatkan pemerintah Provinsi Bengkulu c/q PUPR untuk kebutuhan masyarakat air bersih. “Debit airnya sangat besar yaitu 79,7m3/detik dan  diharapkan ketersediaan air minum untuk tiga wilayah (daerah) dapat terpenuhi, kabupaten Seluma mendapat  program ini dari pemerintah c/q PUPR Bengkulu yakni kecamatan Sukaraja dan kecamatan Air Periukan. Sehingga dibutuhkan lahan untuk membangun Offsake SPAM.

Terimakasih pada warga BP II beserta perangkat pemerintah desa yang telah menghibahkan lahan Skema SPAM Regional, Semoga pemerintah pusat maupun Provinsi dapat menindak lanjuti program yang berpihak pada  masyarakat untuk kesejahteraan,” ungkap Jimmy Ariaferta.

Loading...

Kabid Fisik dan Prasarana BAPPEDA kabupaten Seluma. efendi silalahi

Tinggalkan Balasan