Kolompok Tani Maccini Baji Berhasil Kembangkan Varietas M 70 D

Muhammad Said TPBB di lokasi kelompok tani.

TAKALAR, HR – Dinas Pertanian Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan terus berusaha meningkatkan pendapatan petani melalui pengembangan varietas padi, seperti halnya kolompok tani Maccini Baji di Desa Maccini Baji Kecamatan Polong Bangkeng Utara, Kabupaten Takalar.

Walaupun luasan percotohan hanya kurang lebih satu hektar tetapi hasilnya cukup menggembirakan bagi petani, karena sudah kelihatan varietas padi tersebut dianggap berhasil, sehingga masyarakat petani di Desa Maccini Baji musim tanam tahun 2019 sudah kompak akan menanam varietas tersebut.

Kolompok Tani Maccini Baji berhasil kembangkan Varietas M 70 D.

Sedangkan luasan milik anggota kolompok kurang lebih 100 hektar ini yang disampaikan Mansyur Ago ketua Kolompok tani  Maccini Baji saat dikonfirmasi di Sanggar Taninya.

Muhammad Said selaku Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TBPP) yang masih berstatus Tenaga Harian Lepas  (THL) mengatakan, bahwa varietas M 70 D ini memang sangat cocok untuk dikembangkan, karena selain hasil/hektarnya tinggi yang di perkirakan bisa mencapai 70 ton/hektar biaya pemeliharaannya pun tergolong tendah.

Karena hanya memakai pupuk Urea 100 Kg, Bpk 30 Kg, Sp 36 100 Kg, Organik 500 Kg, Pestisida 2 liter dibanding dengan varietas lain. Varietas ini juga bisa ditanam pada musim rendengan dan musim gadu keunggulan lainnya adalah tahan penyakit.

Loading...

Sedangkan usia hanya dua bulan sepuluh hari dengan alat tanam manual sistim tanam Legowa, Muhammad Said sebagai tenaga TPBB merasa puas dengan hasil percontohannya. natsir tarang

Tinggalkan Balasan