Kodam IX/Udayana Gelar Donor Darah

oleh -223 views
DENPASAR, HR – Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan membuka acara bhakti sosial berupa kegiatan pasar murah dan donor darah dalam rangka memperingati HUT TNI ke-70 Tahun 2015, Rabu (30/9) di Denpasar.
“Dalam rangka peringatan HUT TNI ke-70 yang jatuh pada 5 Oktober 2015 ini, Kodam IX/Udayana beserta jajarannya dan juga TNI AU maupun TNI AL di wilayah Kodam IX/Udayana memeriahkan kegiatan HUT TNI dengan menggelar berbagai macam kegiatan soial kemasyarakatan, seperti yang diselenggarakan pada hari Rabu, 30 September 2015 dengan menggelar pasar murah di Lapangan Praja Raksaka, Kepaon dan kegiatan donor darah di Tiara Dewata, Denpasar,” jelasnya.
Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana menyampaikan, kegiatan pasar murah yang mengemban misi sosial kemasyarakatan ini menjual berbagai jenis bahan kebutuhan pokok yang harganya jauh di bawah dari harga pasar pada umumnya.
Dengan demikian secara langsung akan meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari. “Penyelenggaraan pasar murah selama satu hari yang menjual berbagai jenis kebutuhan pokok dengan harga yang murah seperti ini saya nilai sangat bermanfaat dalam membantu anggota dan masyarakat. Untuk itu, kepada seluruh anggota dan masyarakat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.
Pada kesempatan lain di acara kegiatan donor darah, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan berkenan menyumbang darah sebagai pendonor yang diawali acara pembukaan oleh Kasdam dengan membacakan amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso yang intinya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan donor darah ini untuk mendukung program kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali
“Karena darah yang terkumpul dari kegiatan ini nantinya akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Bahwa menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya. Setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang,” jelasnya.
Pangdam juga menambahkan, selain manfaatnya untuk program kemanusiaan yaitu membantu orang lain, jika ditinjau dari segi kesehatan para pendonor, donor darah juga memiliki manfaat positif bagi pendonor antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius.
Hadir pada acara tersebut para pejabat teras Kodam IX/Udayana, Danlanal Benoa (diwakili), Danlanud Ngurah Rai Denpasar, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Ibu-ibu Dharma Pertiwi dan Persit serta Tamu undangan lainnya. ■ anas

Tinggalkan Balasan