Kepsek: Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

oleh -212 views
JAKARTA,  HR – Jika seluruh komponen masyarakat dapat bekerjasama untuk mendukung proses pengajaran dan pembelajaran yang demikian niscaya peserta didik akan berhasil dalam menempuh pendidikannya. Bukan hanya dalam mencapai jenjang pendidikan yang dicita–citakan tapi juga berhasil dalam kehidupannya. Demikian diungkapkan Kepsek SDN Tanjung Duren 06 Pg Jakarta Barat, Hj Nurhayati Mas’ud SPd MM kepada HR, kemarin.
Foto bersama Hj Nurhayati Mas’ud (Kepsek) 
didampingi para guru.
Begitupun peran serta orang tua dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan hal terbesar yang selalu diutamakan oleh para orang tua. Saat ini masyarakat semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak – anak mereka sejak dini.
Peran orang tua amat penting dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak. Sudah merupakan kewajiban para orang tua untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan dan rasa percaya diri. Dan tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap.
Ada beberapa cara dalam meningkatkan peran orang tua terhadap pendidikan anak diantaranya adalah dengan mengontrol waktu belajar dan cara belajar anak, memantau perkembangan kemampuan akademik anak, memantau perkembangan kepribadian yang mencakup sikap, moral dan tingkah laku anak, memantau efektifitas jam belajar di sekolah.
Nurhayati Mas’ud selaku Kepsek dibantu oleh 25 tenaga pengajar, operator 1 orang, penjaga sekolah 3 orang, satpam 1 orang saling bersinergi berusaha bekerja keras mewujudkan peserta didik yang beriman, maju dalam prestasi, santun dalam prilaku. Mengembangkan kultur sekolah yang berdasarkan imtaq untuk menguasai iptek, melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.
Selanjutnya, membiasakan siswa berpikir kritis dan cerdas serta belajar dengan giat dan teratur untuk meraih prestasi, melatih siswa untuk hidup sehat jasmani dan rohani, mendorong siswa untuk berprilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab, mandiri dan suka bekerja keras dan lain – lain.
Untuk itu, para guru di sekolah bisa dengan melihat situasi dan kondisi saat proses pembelajaran berlangsung, Peran guru di zaman sekarang memang dituntut untuk selalu siaga memicu siswa agar tidak ketinggalan selangkahpun, guru yang sudah dinobatkan sebagai orang yang bertangan dingin, berhati lapang, siap mengabdi untuk anak–anak bangsa, dimana dan kapan pun. Eskul yang dikembangkan SDN Tanjung Duren 06 Pg diantaranya Pramuka, Marawis, Seni Tari, Futsal, Taekwondo dan lain–lain. jm


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan