Keperihatinan Tempat Tinggal Seni Budaya Sunda Topeng

oleh -300 views
TANGERANG, HR – Suatu keperihatinan yang sangat mendalam untuk salah satu tempat tinggal Sanggar Seni Budaya Sunda Topeng Duta Budaya Komeng Group, beralamat di Kp Ranca serdang RT 014/ 04 Desa, Rancaiyuh, Kec Panongan, Kab Tangerang, Banten.
Dengan Keberadaan Lingkung Seni Budaya Sunda Jaipong dan Topeng di Kabupaten Tangerang, keberadaannya memang sangat memperihatinkan dari sarana tempat dan alat-alat gamelan yang dimiliki.
Namun, tak memudarkan hati dan jiwa sosok figur pelaku seni budaya Sunda Topeng Tatang S yang akrab disapa Abah Komeng. Di dalam kehidupannya sudah lama berperan di lingkup seni Budaya Sunda Topeng. Kini Abah Komeng telah memiliki rombongan Group Lingkung Seni Budaya Sunda Topeng yang diberi nama Duta Budaya Komeng Group.
Sejak tahun 1980 Abah Komeng telah membangun dan membentuk Group Lingkung Seni Sunda Topeng. Keberadaannya pun sudah dikenal di berbagai pelosok desa di sekitar dan luar Tangerang.
Apa yang telah dilakukan oleh Abah Komeng untuk mempertahankan dan melestarikan akan nilai–nilai seni budaya Sunda Jaipong dan Topeng sudah sepatutnya sosok figur Abah Komeng mendapat perhatian dari instansi pemerintah daerah khususnya Disporabudpar kabupaten Tangerang.
Pernah Abah Komeng mendapatkan piagam penghargaan dari instansi pemerintah daerah tingkat II Tangerang, Tadjus Sobirin yang diterimanya pada tahun 1985. Sejak itu hingga kini, tak ada lagi perhatian dan bantuan dari intansi pemerintah.
Beberapa seni Sunda Jaipong dan Topeng yang ada di kabupaten Tangerang berada dibawah garis ketidakmampuan, penghasilan diperoleh dari hasil manggung. Itulah sebagian besar yang dilakukan oleh para pelaku seni budaya Sunda di Tangerang untuk menyambung hidup.
Saat disinggung tenang adanya Forum Seni Budaya Sunda (FSBS) yang belum lama terbentuk, Abah Komeng mengatakan dengan adanya FSBS keberadaan Group Seni Jaipong dan Topeng sangat membantu. Salah satunya yang selama ini kita tidak memiliki SK dari Disporabudpar sekarang pimpinan group seni Sunda Jaipong dan Topeng sudah mendapatkannya. ■ angga mc

Tinggalkan Balasan