Kegiatan Acara Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar di Barito Utara

Kegiatan Acara Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar di Barito Utara.

MUARA TEWEH, HR – Bupati Barito Utara H Nadalsyah Dalam membuka acara pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar Pusdiklatcab “Huma Betag” Gerakan Pramuka Barito Utara Tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Balai Antang, Muara Teweh, Senin (15/07/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Nadalsyah menyampaikan, bahwa gerakan Pramuka merupakan suatu wadah pembinaan dan Pendidikan yang bersifat menantang tapi menarik, dengan metode alam terbuka bagi anak didik, kegiatan Pramuka diselenggarakan secara berkala dan berkesinambungan pada setiap tingkatanya.

Nadalsyah selaku majelis pembimbing berpesan sesuai dengan Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakulikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam kurikulum tahun 2013 mengharapkan adanya eksistensi kepramukaan di Kab Barito Utara, baik tingkat SD, SLTP dan SMA.

Agar betul-betul dilaksanakan secara nyata di sekolah, dengan melaksanakan tahapan proses penilaian pendidikan kepramukaan yang sesuai, maka akan memperoleh hasil yang diinginkan oleh gerakan pramuka, “yakni menciptakan karakter Dasa Dharma, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, kreatif dan mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab,” jelas Nadalsyah.

Loading...

Sebelumnya, dalam laporan panitia, Asih Mukarni SPd, mengatakan, bahwa dalam surat keputusan Presiden No 238 Tahun 1961, tentang Pramuka dan UU No 12 Tahun 2010, tentang gerakan Pramuka, diharapkan akan memunculkan pembina Pramuka yang memiliki pengalaman dalam hal kepramukaan serta memahami ide dasar kepramukaan dan tidak sekedar memandang pendidikan kepramukaan sekedar pelengkap kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. mps

Tinggalkan Balasan