Kabupaten Tangerang Krisis Kepala Sekolah SD ?

oleh -61 views
Kepala Sekolah Ilustrasi.

TANGERANG, HR Dunia pendidikan, khususnya sekolah dasar negeri (SDN) di Kabupaten Tangerang disorot. Hal itu terkait adanya sejumlah sekolah yang dipimpin pelaksana tugas (Plt) kepala sekolah selama empat hingga lima tahun.

Tak pelak, keberadaan Plt kepala sekolah itu memunculkan sinyalemen bahwa Kabupaten Tangerang tengah dilanda krisis kepala sekolah. “Jika keadaannya seperti ini, mengindikasikan bahwa di Kabupaten Tangerang telah terjadi krisis tenaga kependidikan, khususnya kepala sekolah,” ujar Sulaeman salah pemerhati pendidikan.

Menurutnya, keberadaan Plt di satu sekolah karena kepala sekolah sebelumnya pensiun, hingga empat sampai lima tahun sangat tidak efektif dan tidak adil. Karena kepala sekolah yang bersangkutan harus memimpin dua sekolah.

Keberadaan Plt di satu sekolah SD yang pensiun atau dimutasi ke sekolah lain dinilai tidak adil. “Seperti di SDN Kedawung Barat 1 dan SDN Kelor 1 yang sudah empat tahun dipimpin Plt. Ada apa dengan dunia pendidikan di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang Pengawas SD Tingkat Kecamatan berharap agar dalam mengangkat kepala sekolah maupun mutasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang mengikutsertakan para Pengawas. Karena sebagai Pengawas, mereka sangat mengetahui dan memahami betul kondisi di lapangan.

Loading...

“Meski sebagai bertugas sebagai pengawas tingkat kecamatan, selama ini kita tidak pernah dilibatkan dalam hal pengangkatan maupun mutasi kepala sekolah. Sepertinya kita tidak dianggap. Ibarat dalam pesta tamu tak diundang atau hanya dianggap macan ompong,” katanya dengan nada kecewa. zn

Tinggalkan Balasan