Jelang Natal dan Tahun Baru Wisatawan Meningkat, ITDC Nusa Dua Jamin Keamanan dan Kenyamanan

oleh -107 views

BADUNG, HR – Perayaan Natal dan Tahun Baru yang dibarengi dengan libur sekolah mengakibatkan peningkatan yang signifikan di tempat-tempat tujuan wisata, termasuk Bali.

Peningkatan ini terjadi secara merata dan dapat dirasakan masyarakat bali dari bertambahnya volume kendaraan, ramainya objek-objek pariwisata, serta meningkatnya tamu di hotel-hotel.

Terkait dengan aktivitas pariwisata, hotel atau penginapan merupakan hal yang penting sehingga para wisatawan dapat beristirahat dengan nyaman setelah seharian menyambangi objek-objek wisata.

Menurut General Manager Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita saat ditemui di kantornya (23/12/2019), peningkatan angka tamu di hotel-hotel kawasan ITDC Nusa Dua mencapai angka booking hingga 90,2% dari total kamar yang ada. Meski angka ini masih dapat turun ataupun naik tergantung dengan realisasi booking, namun kecenderungan selama ini dinilai justru akan meningkat karena kedatangan para tamu yang langsung check in tanpa melalui proses booking terlebih dahulu.

Peningkatan tamu inap juga dialami oleh hotel-hotel lain di Wilayah Nusa Dua Kabupaten Badung, seperti Ayana Resort yang tamu inapnya hingga saat ini telah mencapai 98% dari jumlah kamar yang ada, The Bale Madeline Nusa Dua mencapai 87,98% , serta Ayodya Resort Nusa Dua yang mencapai angka 76,35%.

Ardita juga menyampaikan bahwa tren wisatawan di Bali berbanding lurus dengan angka kenaikan wisatawan di Indonesia pada umumnya, termasuk tentang kewarganegaraan.

“Hingga saat ini wisatawan yang menginap di Kawasan ITDC Nusa Dua mengalami kenaikan pada wisatawan asing asal Tiongkok, Singapura, Australia, Timor Leste, dan India,” terang Ardita.

Selain isu tentang wisatawan asing, Ardita juga turut menekankan dua aspek penting pariwisata, yakni kenyamanan dan keamanan. “Sebagai salah satu kawasan strategis nasional, ITDC Nusa Dua memang harus selalu siap pada momen-momen lonjakan wisatawan seperti saat ini. Untuk itu pada momen Natal dan Tahun Baru kali ini kami terus berkoordinasi dengan Pihak Polsek Kuta Selatan untuk memperkuat pengamanan kawasan,” jelasnya, penguatan tersebut akan dilaksanakan mulai 24 Desember 2019 sore hari.

Ditemui terpisah, Kapolres Badung (AKBP Roby Septiadi) menyampaikan bahwa pihaknya siap melakukan pengamanan dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru, “Tempat-tempat wisata di Wilayah Badung akan menjadi target operasi kita dalam pengamanan ini,” tegasnya saat ditemui dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Hari Raya Natal 2019 Polres Badung (24/12/2019).

Loading...

“Hal yang paling penting sekaligus menjadi harapan kami di dunia Pariwisata, bahwa setiap pihak, baik dari unsur pemerintahan, swasta, maupun aparat keamanan, dapat saling berkoordinasi dan berkolaborasi agar menghasilkan integrasi yang baik dalam memajukan pariwisata di Indonesia. Dan sekali lagi, untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman dari para wisatawan yang ada,” tutup Ardita. gina

Tinggalkan Balasan