Jangan Mendikte Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah

oleh -217 views
Tyahyo Kumolo
BANDUNG, HR – Menteri Dalam Negeri Tyahyo Kumolo mengingatkan pemerintah daerah maupun pusat untuk melawan dan tidak membiarkan adanya kekuatan apapun yang menekan serta mendikte setiap keputusan politik pembangunan pemerintah pusat maupun daerah.
Hal ini dikemukan dalam sambutannya pada rapat paripurna istimewa DPRD Jawa Barat untuk mempringati hari jadi Jawa Barat ke 70, yang dihadiri mantan Gubernur Jawa Barat, Muspida Jabar tokoh masyarakat, angota DPR, DPD dapil Jabar, para teladan tingkat Provinsi Jawa Barat, pimpinan OPD dan SKPD Pemprov Jabar, serta undangan di ruang sidang paripurna gedung DPRD Jabar Jl. Diponegoro 27 Bandung. Rabu (19/8).
Dikatakannya. pemda punya kehormatan dan punya garis kebijakan, jangan sampai ada orang yang mendikte setiap keputusan politik pembangunan pemerintah daerah termasuk pemerintah pusat.
Pengusaha boleh dan harus ambil untung dari kegiatan tetapi pengusaha tidak boleh mendikte pemerintah terhadap fungsi dan tupoksinya. Kejadian Tanjung Priok, tidak hanya ulah pengusaha tapi juga oknum BUMN yang mendikte kementerian dan menego.
“Di negara yang berdaulat, negara hukum, kekuasaan pemerintah sudah rinci maka jangan sampai ada kekauatan apapun, perorangan kelompok atau golongan yang menekan setiap kebijakan, pemerintah bersama TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh ulama, harus menentukan sikap siapa lawan siapa kawan, kalau ada arah untuk mengganggu kedaulatan, untuk mengganggu kesejahteraan rakyat, untuk mengganggu pemerataan pembangunan,” ujarnya. ■ horaz

Tinggalkan Balasan