Jalan Lingkar Kota Banyak Tanjakan, Truk Tonase Besar Gunakan Jalan dalam Kota

oleh -189 views

MUARA TEWEH, HR – H Purman Jaya, anggota DPRD Barito Utara (PKB), menjelaskan, bahwa jalur lingkar kota belum siap dan tidak nyaman untuk angkutan barang, sehingga banyak truk bertonase besar menggunakan jalan dalam kota pada hal semestinya menggunakan jalan lingkar kota.

Anggota DPRD yang akrab dipanggil H Gogo ini, salah satu ketidak nyamanan menggunakan jalur lingkar kota, sebab banyak tanjakan tinggi dan belum semua ruas jalan diaspal, sehingga truk bertonase besar dan bermuatan berat akan sangat kesulitan menggunakan jalan dengan kondisi pengerasan.

Akibatnya para pengemudi truk menuju Kab Murung Raya maupun sebaliknya lebih memilih jalan dalam kota Muara Teweh, daripada menggunakan jalan lingkar kota karena dari sisi jarak akan jauh lebih dekat dengan menggunakan jalan dalam kota. Sementara jalan lingkar kota jarak tempuh akan lebih jauh dan beresiko.

“Ini faktor yang membuat para pengemudi lebih memilih jalan dalam kota Muara Teweh, dibanding menggunakan jalan lingkar kota dan belum ada aturan yang melarang bagi angkutan barang untuk tidak menggunakan jalan dalam kota. Pemangku kepentingan perlu memikirkan solusi, termasuk untuk mengaspal jalan tembus ke km 7 arah Kab Murung Raya,” katanya kepada wartawan, Kamis (09/05/2019).

Loading...

Ia kembali mengingatkan, bahwa tujuan awal pembukaan jalan lingkar kota adalah untuk efisiensi serta kenyamanan arus transportasi di dalam kota Muara Teweh, sehingga lalu lintas kendaraan angkutan semuanya dapat tertata dengan baik. mps

Tinggalkan Balasan