Idul Adha, PCM Belitang Potong 16 Ekor Sapi

oleh -181 views
Salah satu hewan qurban di PCM Belitang. Insert ;
sebagian anggota PCM saat pembagian daging kurban. 
OKUT, HR – Idul Adha, atau sering juga disebut Hari Raya Qurban, adalah hari raya dimana umat muslim yang mampu, diwajibkan untuk berqurban berupa hewan. Banyak ragam hewan qurban, diantaranya berupa sapi, kambing / domba, kerbau,dan lainnya.
Adapun maksud dari berkurban, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT secara ikhlas dan total, bermakna sosial, yaitu berbagi pada sesama dan menjauhkan dari sifat tamak, dengan cara memberikan harta, meskipun harta yang kita cintai. Adapun sejarahnya dahulu adalah kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail, satu-satunya anak kesayangannya. Dan karena ketaatannya, maka Nabi Ibrahim pun rela untuk menyembelih. Tetapi, sebelum Nabi Ibrahim menyembelih anaknya, Allah mendatangkan seekor kambing, dengan mengutus malaikat untuk menggantikan Nabi Ismail. Ternyata itu hanya ujian bagi Nabi Ibrahim dalam ketaatannya kepada Allah SWT. 
Hingga sampai saat ini umat muslim masih melakukan hal tersebut atas dasar ketaqwaannya. Ketaqwaannya kepada Allah SWT juga dilakukan Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Belitang, yakni pada Rabu (24/09) berlokasi di SMK Muhammadiyah Tegal Rejo Belitang melakukan pemotongan hewan qurban sebanyak 16 ekor sapi. Menurut salah satu anggota PCM, bahwa sudah sejak tahun 1968 di PCM Belitang ini tidak pernah sepi dari berqurban. 
Dalam pantauan HR, tampak untuk kali ini sapi yang dipotong ada yang berbobot lebih dari 1 ton. Pelaksanaan pemotongan sampai pembagiannya kepada masyarakat yang layak mendapatkannya berjalan kompak dan lancar. abdulah

Tinggalkan Balasan