HUT RI, Bambang Waluyo: Jaksa Harus Ciptakan Kepastian Hukum

oleh -168 views
JAKARTA, HR – Pelaksana Tugas Wakil Jaksa Agung RI Bambang Waluyo yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2016 dalam amanatnya yang menyampaikan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia HM Prasetyo.
Plt Wakil Jaksa Agung RI 
Bambang Waluyo Inspektur Upacara.
Disebutkan, “Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan momentum bersejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya membebaskan diri dari belenggu penjajahan, karena pada hakikatnya kemerdekaan memiliki makna bahwa sebagai bangsa kita bebas menentukan nasib sendiri untuk melanjutkan keberlangsungan hidup menuju masyarakat adil dan makmur.”
Oleh karena itu, katanya, peringatan hari kemerdekaan ini haruslah dimaknai sebagai bentuk pengingat bagi kita semua untuk wajib mengisinya dengan melakukan kegiatan pembangunan sebagaimana dicita-citakan para pendahulu bangsa. Terlebih perlu didasari bersama, Bangsa Indonesia yang dikaruniai dengan potensi kekayaan alam melimpah ruah, sebagai modal utama untuk mendukung dan mensukseskan pembangunan nasional.
“Penegak hukum yang adil, transparan, dan akuntabel menjadi sebuah keniscayaan, karena pada dasarnya hukum bertujuan untuk menciptakan tatanan masyarakat yang aman, tertib, dan tenteram agar tercapai kerukunan dan kedamaian dalam pergaulan hidup bersama dalam masyarakat,” ucap Bambang.
Menurutnya, Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum harus mampu mewujudkan kepastian hukum, ketertiban, keadilan dan kebenaran berdasarkan hukum dengan mengindahkan norma-norma keagamaan, kesopanan dan kesusilaan sebagaimana diharapkan masyarakat, katanya.
Lebih jauh Plt Waja mengatakan dalam dimensi lain, Kejaksaan juga dituntut mampu terlibat sepenuhnya mendukung dan mengawal pelaksanaan pembangunan dengan cara menciptakan suasana kondusif bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila, pungkasnya.
Upacara Peringatan Detik-detik kemerdekaan RI ke -71 Tahun 2016 dengan tema “Indonesia Kerja Nyata” itu dihadiri para Jaksa Agung Muda, para pejabat eselon II Kejaksaan Agung RI, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kepala Kejaksaan Negeri se-DKI Jakarta serta pegawai di lingkungan Kejaksaa Agung. thom


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan