HUT dan Ramadan, Dua Momen Penting untuk Memacu Spirit Baru yang Lebih Baik

HUT dan Ramadan, Dua Momen Penting untuk Memacu Spirit Baru yang Lebih Baik.

MAJALENGKA, – HR Batalyon Infanteri Yonif 321/Galuh Taruna diharapkan dalam kiprahnya semakin profesional, dicintai rakyat dan mampu membawa nama harum bangsa dan negara.

Penegasan itu disampaikan Panglima Divisi Infanteri (Pangdif) I/Kostrad Mayjen TNI, Dedy Kusmayadi di sela sambutannya dalam acara tasyakuran HUT ke-71 Batalyon Infanteri Yonif Raider 321 Galuh Taruna di Markas Yonif setempat, di Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka, Senin (19/4/2021) malam.

Menurut Mayjen Dedy, di tengah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun ini, setiap kegiatan harus tetap dilaksanakan. Namun, tetap harus tunduk dan patuh pada Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona dan kegiatan bisa tetap berjalan sebagaimana mestinya dan silaturahmi tetap terjalin,” ujarnya.

“Melalui kegiatan safari ramadan ini bersamaan dengan HUT ke-71 Yonif 321 Raider Galuh Taruna, saya mengajak seluruh prajurit harus mempunyai rasa tanggung jawab, jujur, setia, menunjukan prestasi, dan menjaga nama baik satuan, sebagai prajurit Cakra,” kata Dedy.

Berkaitan dengan momentum bulan suci Ramadan ini, pihaknya mengajak agar seluruh prajurit Yonif agar menghindari perbuatan dosa dan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai puasa dalam kehidupan sehari-sehari. Baik itu dalam lingkungan keluarga, satuan, maupun dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

“Jika nanti setelah satu bulan berpuasa itu tidak ada perubahan sikap, maka puasanya tidak memiliki nilai apa-apa. Percuma jika berpuasa hanya menahan lapar dan dahaga. Sedangkan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, keikhlasan, kejujuran, kesabaran tidak membekas dalam aktivitas keseharian,” urai Pangdif.

Menyinggung terkait kemajuan Kabupaten Majalengka, jendral bintang dua ini memberikan apresiasi atas kemajuan pembangunan berjuluk kota angin ini. Oleh karena itu, para prajuritnya siap diperintahkan untuk membantu membangun di Majalengka sepanjang tidak bertentangan dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Saya pernah berkeliling ke berbagai daerah di Jawa Barat, memang Majalengka saat ini lebih baik dari sebelumnya. Semua ini berkat kerja keras Bupati Majalengka bersama jajarannya yang ingin membangun dan berupaya keras menyejahterakan rakyatnya,” terang Pangdiv saat menutup sambutanya.

Bupati Majalengka, DR. H. Karna Sobahi, M.M.Pd mengaku bersyukur dengan hadirnya Pangdiv I dalam acara tasyakuran HUT Yonif Raider 321/GT yang bersamaan dengan safari ramadan Pangdif I tersebut. Sebab menurutnya, kehadirannya mampu memberikan semangat dan keberkahan bagi semua.

“Selamat datang Bapak Pangdif I Mayjen Dedy di Majalengka, kebetulan beliau itu memiliki saudara di Desa Sukaraja Kecamatan Jatiwangi. Jadi kehadirannya selain tugas kedinasan, bisa bersilaturahmi bersama sanak saudara yang ada di Majalengka,” ucap Bupati Karna mengawali sambutannya.

Bupati juga tak lupa mengucapkan selamat ulang tahun Yonif Raider 321/GT. Ia pun berharap, semoga TNI bersama Pemerintah Kabupaten Majalengka terus menjalin sinergitas dan keharmonisan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Selama ini tugas TNI yang di dalamnya ada Yonif 321, telah terbukti menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya seringkali ikut menyaksikan saat melepas dan menjemput para prajurit Yonif 321 saat melaksanakan tugas negara. Baik saat menjaga keutuhan wilayah Indonesia dalam konteks umum, maupun di wilayah Kabupaten Majalengka. Semoga TNI dan rakyat terus menyatu dan bersama dalam kondisi apapun,” tuturnya.

Kemudian, Komandan Batalyon Infanteri Raider 321/GT Letnan Kolonel (Inf). Octavian Englana P menuturkan, tasyakuran HUT ke-71 Yonif Raider 321/GT diperingati jatuh pada tanggal 19 April setiap tahunnya.

Kegiatan yang berlangsung meriah dengan nuansa religi yang begitu kental ini diwarnai dengan pembagian hadiah beragam lomba yang telah digelar kemudian santunan terhadap puluhan anak yatim dan tausyiah jelang berbuka puasa bersama.

“Alhamdulillah di tengah kesibukan Bapak Pangdif, beliau bisa hadir di tengah-tengah kita. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dalam menyukseskan program ini. Semoga Yonif 321 ini ke depan semakin lebih baik dan menjadi kebanggaan Indonesia,” tandasnya.

Loading...

Selama kegiatan tersebut berlangsung, turut dihadiri pula oleh para perwira TNI AD di lingkungan Divisi Infanteri (Divif) I Kostrad, ketua serta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 1 Kostrad, Bupati Majalengka, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta tamu undangan lainnya. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan