Hari Pramuka Ke-54/2015 di Pemkot Bengkulu

oleh -227 views
BENGKULU, HR – Kwartir Pramuka Cabang Kota Bengkulu memperingati Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 di halaman Kantor Walikota Bengkulu Jln. S. Parman No.1. Dalam sambutannya Dewan Pembina Pramuka Pusat Dr. Adhyaksa Daulat, SH, M.Si yang dibacakan Pembina Pramuka Kota Bengkulu Sekaligus Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda menyebutkan, Gerakan Pramuka keberadaannya ditetapkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961, namun secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia menganugerahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.
Sejak itulah tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka, kemudian pada Tahun 2014 lahir pedoman khusus mengenai pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah yaitu Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakulikuler wajib.
“Secara konstitusional pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab sesuai Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,”sebut Patriana.
HUT Pramuka kali ini bertema “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”. Tampak hadir pada acara tersebut, Pembina Pramuka Gugus 0704 Kota Bengkulu Sekaligus Wakil Walikota Bengkulu Ir. Patriana Sosialinda, unsur Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bengkulu, para unsur Pramuka Pembina, Pelatih, Saka, Pandega, Penegak, Penggalang, dan Siaga.
Pada kesempatan acara tersebut diserahkan piagam penghargaan Gerakan Pramuka berupa Lencana Dharma Bhakti kepada mereka yang telah mendarma bhaktikan dirinya dalam memajukan Pramuka yaitu, Syaikun Wiryo Murjito, S.Pd, Margiatun dan Wagino, M.Hp, sesuai dengan SK Kwartir Gerakan Pramuka Pusat, Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si No. 128 Tahun 2015 selaku Ketua Dewan Pramuka Pusat.
Pada penghujung acara diserahkan piala dan piagam penghargaan kepada juara dalam Jambore Kota Bengkulu yang telah berlangsung tanggal, 6 sd 9 Agustus 2015 di Kwarda 07 Bengkulu Padang Harapan Kota Bengkulu, antara lain Juara Umum Siaga diraih oleh SD Iqra 2 Kota Bengkulu, Juara Umum Penggalang diraih oleh MTS Negeri 2 Kota Bengkulu, Juara Umum Penegak diraih oleh MA Negari 2 Kota Bengkulu.
Selain itu diserahkan juga piala lomba masak Nasi Goreng, Makan Kerupuk, membawa Kelereng, Push up, Panco dan merangkai Bunga untuk menyemarakan HUT RI ke- 70. ■ jlg

Tinggalkan Balasan