Hampir Putus, Kepala Dinas BMCK Sidak Jembatan Batujaya

oleh -639 views

MAJALENGKA, HR – Jembatan penghubung di Desa Batujaya Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka hampir putus diterjang banjir, Rabu (21/2) malam, sekira pukul 19.00 WIB. Akibatnya, warga empat kecamatan tersebut terisolir.

Kepala Dinas BMCK Kabupaten Majalengka Drs. H. Eman Suherman MM didampingi Kepala Bidang Bina Marga Ruchyana ST langsung meninjau lokasi jembatan yang hampir putus tersebut dan disaksikan oleh tokoh masyarakat setempat H. Abdurahman Al Hidayah serta Kapolsek Cigasong Romdony, Kamis (22/2).

Menurut informasi warga setempat, jembatan yang membentang sekitar 20 meter tersebut ambruk di bagian depan sekitar pukul 19.00 WIB, Rabu (21/2). Sebelumnya, hujan deras memang terus-menerus mengguyur wilayah tersebut.

Ambruknya sebagian jembatan membuat warga Desa Batujaya, Desa Baribis, Desa Jatimulya terisolir. Untuk melakukan aktivitas ke luar desa, warga harus hati-hati hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat, harus memutar.

Dikatakan Kepala Dinas BMCK Kabupaten Majalengka, Eman, mengatakan, untuk sementara pihaknya akan membangun jembatan darurat yaitu jembatan beli. Hal ini dimaksudkan agar warga setempat tidak terus-menerus terisolir.

“Untuk sementara kita akan membangun jembatan beli. Kondisi ini jelas mengganggu aktivitas perekonomian warga. Kita belum bisa membangun jembatan secara permanen karena rencana kerja di tahun 2018 sudah mulai masuk ke LPSE untuk siap dilelangkan. Ini akan kita anggarkan di APBD perubahan nanti karena menbutuhkan anggaran yang cukup besar sekitar 3 – 4 miliar,” terangnya.

Ditambahkannya, ambruknya sebagian jembatan lantaran pondasinya tergerus air sungai yang cukup besar. Debit air yang tinggi mencapai 6 meter akibat curah hujan yang juga tinggi dalam beberapa hari terakhir terus menggerus pondasi jembatan sehingga merobohkan sebagian jembatan.

Loading...

“Tidak ada korban jiwa saat kejadian, tapi lalu lintas terpaksa dialihkan,” katanya. lintong situmorang

Tinggalkan Balasan